Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Terapkan Elektrifikasi Bongkar Muat di Tanjung Perak

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menerapkan elektrifikasi terhadap peralatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak yang masih menggunakan bahan bakar minyak.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menerapkan elektrifikasi terhadap peralatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak yang masih menggunakan bahan bakar minyak.

Hal itu dilakukan untuk merespons kelanjutan langkah penerapan konsep pelabuhan ramah lingkungan.

Sebelumnya, BUMN kepelabuhanan tersebut bahkan juga sudah membangun Terminal Teluk Lamong yang merupakan green port pertama di Indonesia.

Menurut Kamal Zakiy, Asisten Manager Peralatan dan Instalasi Pelindo III Cabang Tanjung Perak, program konversi bahan bakar telah dijalankan sejak tahun 2015 dan diharapkan terealisasi pada akhir tahun 2016.

“Saat ini masih dalam tahap observasi, dengan fokus pada CC-01 dan CC-03," terangnya, dalam siaran pers, Sabtu (9/4/2016).

Peralatan bongkar muat yang dielektrifikasi tersebut berupa dua unit container crane (CC) di Terminal Nilam, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Konversi bahan bakar pada dua unit CC tersebut akan meningkatkan efisiensi bongkar muat di Terminal Nilam, yang sebelumnya sudah ditambah dua unit CC bertenaga listrik pada September 2015 silam.

Kedua CC tersebut memiliki beberapa kelebihan dibanding crane yang sudah ada sebelumnya, antara lain, kapasitas angkut yang mencapai maksimal 40 ton, kecepatan melakukan aktivitas bongkar muat peti kemas hingga 35 boks/crane/hour, hal ini lebih cepat dibandingkan dengan CC eksisting yang mampu mencapai 25 boks/crane/hour.

Tentang manfaat elektrifikasi terhadap pengguna jasa, Kamal Zakiy menjelaskan peningkatan kesiapan dan keandalan alat.

“Kesiapan container crane relatif lebih cepat karena breakdown dari kegiatan teknis seperti pengisian BBM, dapat ditekan. Dengan kata lain, proses bongkar muat menjadirelatif lebih cepat”, ungkapnya.

Guna mendukung elektrifikasi peralatan bongkar muat tersebut, Pelindo III juga membangun power house yang berisi genset untuk menyuplai listrik ketika terjadi pemadaman listrik.

Kapasitas power house yang sudah ada untuk memasok listrik ke dua CC sebesar 2.500 kVA.

Dengan adanya tambahan dua CC lagi yang telah dielektrifikasi, maka ada empat CC yang beroperasi sehingga kapasitas power house akan ditambah menjadi 5.000 kVA.

“Setelah proses elektrifikasi dua CC yang sedang berjalan selesai, maka akan ada empat container crane bertenaga listrikyang siap beroperasi malayani pengguna jasa di Terminal Nilam,” tambahnya.

Pengalihan sumber energi menjadi tenaga listrik untuk dua CC tersebut menyumbang efisiensi biaya energi hingga mencapai 60-70%.

Sementara itu, Kahumas Pelindo III Tanjung Perak, Oscar Yogi Yustiano, menjelaskan bahwa konversi bahan bakar minyak menjadi tenaga listrik mempertegas komitmen Pelindo III dalam menghijaukan pelabuhan.

“Penggunaan listrik sebagai tenaga penggerak alat bongkar muat akan mengurangi emisi gas karbon yang bersumber dari aktivitas kepelabuhanan,” katanyat.

Sebagai bagian dari konsistensi Pelindo III mempertimbangkan aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). BUMN kepelabuhanan tersebut tidak hanya menjamin keselamatan proses kerja untuk karyawannya, tetapi juga meminimalisir dampak lingkungan akibat proses kerja yang dilakukan.

“Aspek manusia dan alam sekitar menjadi elemen penting yang diperhatikan Pelindo III pada setiap proses bisnisnya dalam mendorong integrasi logistik nasional,” ujarnya.

Dia melanjutkan Pelindo III juga mendorong setiap kontraktor pekerjaan yang terkait, serta institusi lain di pelabuhan wilayah kerjanya untuk terus memperhatikan faktor kesehatan dan kelestarian lingkungan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper