Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meranti Minta Perbankan Biayai Perkebunan Sagu Rakyat

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau meminta perbankan untuk membiayai perkebunan sagu yang menjadi komoditas andalan daerah tersebut.
Sagu, sumber pangan dan energi./Ilustrasi-Antara
Sagu, sumber pangan dan energi./Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, PEKANBARU – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau meminta perbankan untuk membiayai perkebunan sagu yang menjadi komoditas andalan daerah tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Iqaruddin mengatakan sebagian besar lahan di daerah itu ditanami sagu sehingga perkebunan sagu menjadi tumpuan hidup masyarakat setempat.

“Masyarakat sangat bergantung dengan kebun sagunya, tetapi banyak praktik di lapangan petani atau masyarakat ini bergantung dengan para toke atau tengkulak untuk memenuhi kebutuhan dananya saat keperluan mendesak,” katanya Rabu (23/3/2016).

Dia mencontohkan petani sagu saat membutuhkan biaya sekolah anak atau pesta perkawinan anak, banyak yang memilih untuk menjual kebunnya dengan sistem ijon.

Padahal sistem ini sangat merugikan petani dalam jangka panjang, di mana harga yang ditetapkan tengkulak tersebut sangat rendah, kira-kira Rp50.000 per batang sagu yang masih masa tanam dan belum panen.

Akibatnya setelah meminjam uang ke tengkulak itu, petani menjadi terikat dan tidak bisa lagi mengembangkan kebun sagu itu secara mandiri.

“Untuk itulah kami meminta peran perbankan untuk dapat masuk dan membiayai sektor perkebunan sagu rakyat ini, mungkin nanti bentuk kerja samanya dalam kerangka kelompok tani dan ada dana untuk budidaya tanaman sagu rakyat,” katanya.

Selain itu ketergantungan dengan tengkulak membuat harga jual sagu basah hasil olahan petani kian terpuruk. Bila pada harga normal berada di level Rp2.500 per kilogram, kini harganya terus melemah menjadi Rp1.700 – Rp1.800 per kilogram.

Sementara itu Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Ismet Inono mengatakan perbankan bisa menjadikan perkebunan sagu sebagai salah satu sektor pertanian yang dapat dibiayai oleh bank.

“Sagu menjadi salah satu komoditas pangan andalan dan juga masuk dalam program diversifikasi pangan pemerintah pusat, untuk itu perbankan bisa masuk dan ikut membiayai pengembangan sagu di Meranti,” katanya.

Dari data pemda setempat, produksi sagu Meranti saat ini rerata mencapai 210.000 ton dari total produksi nasional sebanyak 400.000 ton. Dari komposisi ini, Meranti memenuhi lebih dari 50% kebutuhan sagu nasional dan mampu menggerakkan ekonomi setempat.

Adapun data pemkab menunjukkan total luas lahan kabupaten itu mencapai 360.000 hektare, 13,6% adalah lahan sagu. Sektor tenaga kerja yang ikut dalam budidaya tanaman sagu mencapai 16,31% dari total angkatan kerja laki-laki yaitu sebanyak 183.000 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper