Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terapkan Inaportnet, Pelabuhan Makassar Pangkas Ongkos Logisitk 15%

Penerapan Inaportnet, sistem online penunjang layanan kapal dan barang, diestimasi mampu memangkas ongkos logistik hingga 15% untuk wilayah timur.
Pelabuhan Makassar/Jibiphoto
Pelabuhan Makassar/Jibiphoto

Bisnis.com, MAKASSAR - Penerapan Inaportnet, sistem online penunjang layanan kapal dan barang, diestimasi mampu memangkas ongkos logistik hingga 15% untuk wilayah timur.

Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Makassar, Nyoman Gde Saputra, mengemukakan implementasi sistem layanan tersebut akan mempercepat pelayanan tanpa beritenteraksi secara fisik serta memangkas waiting time maupun dwelling time.

Menurutnya, salah satu permasalahan krusial yang menciptakan ongkos logistik di timur maupun nasional adalah pelayanan jasa kapal dan barang di pelabuhan yang masih menggunakan sistem manual.

"Momentumnya kita mulai dari Makassar, sistem ini akan mengintegrasikan seluruh instansi terkait dalam kerangka layanan kepelabuhanan," kata Nyoman di sela-sela soft launching Inaportnet di Pelabuhan Makassar, Kamis (17/3/2016).

Kendati demikian, efektivitas implementasi Inaportnet tersebut diakui masih membutuhkan waktu dalam ongkos logisitik secara optimal seiring dengan penerapan yang dilakukan secara bertahap di timur.

Sejauh ini, pihaknya telah menyiapkan seluruh infrastruktur penunjang yang dilakukan secara simultan dengan sosialisasi kepada seluruh pengguna jasa kepelabuhan terkait penerapan sistem tersebut.

Uji coba Inaportnet di Makassar dilakukan dengan perusahaan pelayaran PT Tempuran Emas, yang mana telah memenuhi seluruh persyaratan pengisian sistem online tersebut.

"Dari sisi infrastruktur fisik, Pelindo IV sebagai operator Pelabuhan Makassar sudah siap. Kita terapkan secara bertahap," papar Nyoman.

Dia menguraikan impelementasi Inaportnet di Pelabuhan Makassar dimulai dengan pelayanan kapal (ship services) untuk tahap awal kemudian dilanjutkan dengan pelayanan barang (cargo services) untuk tahapan selanjutnya.

Jika seluruh pelayanan tersebut telah berjalan optimal, lanjut Nyoman, ongkos logistik di wilayah timur di mana Makassar sebagi hub diproyeksikan mampu dipangkas hingga 15%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper