Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Selesaikan Transmisi SUTT 150 kV di Pesisir Selatan

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah menyelesaikan lagi transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt dari Bungus hingga Kambang, Kabupaten Pesisir Selatan, sehingga menjadikan pengoperasian GI Kambang lebih cepat 6 bulan dari yang dijadwalkan.
Saluran udara tegangan tinggi/Bisnis.com
Saluran udara tegangan tinggi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah menyelesaikan lagi transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt dari Bungus hingga Kambang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, sehingga menjadikan pengoperasian GI Kambang lebih cepat 6 bulan dari yang dijadwalkan.

Pengoperasian GI Kambang yang seharusnya dilakukan pada Juni 2016 dapat dipercepat setelah SUTT sepanjang 96,7 kilometer sirkit (kms) ini dinyatakan layak bertegangan (energize) sejak 1 Januari 2016 yang lalu.

SUTT Bungus – Kambang mengalirkan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Sirih ke Gardu Induk (GI) Kambang.

Listrik dari GI Kambang sebesar 21 Mega Watt (MW) digunakan untuk memasok kebutuhan listrik pelanggan PLN di daerah Pesisir Selatan dan sekitarnya. Sekaligus menggantikan peran Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Lakuak dan Lunang yang berbahan bakar minyak sebagai pemasok listrik Pesisir Selatan yang dengan serta merta dihentikan operasinya.

“Dengan percepatan pengoperasian GI Kambang ini, PLN mampu melakukan penghematan biaya operasi sekitar Rp94,2 Milyar," jelas Manajer Senior Public Relations PLN, Agung Murdifi, Minggu (13/3/2016).

Selain mutu tegangan listrik di bagian selatan Kabupaten Pesisir Selatan menjadi lebih baik, ucapnya, keberadaan GI Kambang tersebut juga dapat meningkatkan kapasitas pasok PLN untuk melayani permintaan listrik masyarakat serta meningkatkan rasio elektrifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper