Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persatuan Pelaku Perikanan Indonesia (PPPI) Dibentuk

Sejumlah pengusaha perikanan dan nelayan mendirikan Persatuan Pelaku Perikanan Indonesia (PPPI) agar dapat menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan industri maritim nasional.

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah pengusaha perikanan dan nelayan mendirikan Persatuan Pelaku Perikanan Indonesia (PPPI) agar dapat menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan industri maritim nasional.

Ketua Umum PPPI Happy Simanjuntak mengatakan pemerintah khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memiliki peran yang penting dalam tata kelola perikanan Indonesia. Langkah itu diwujudkan lewat program-program maupun pembentukan regulasi.

“Agar program pembangunan perikanan dan pelaksanaan peraturan perundang-undangan berjalan, kami siap memberikan masukan dan kritik yang membangun sekaligus menjadi mitra KKP,” katanya dalam acara pelantikan pengurus PPPI di Jakarta, hari ini, Selasa (2/2/2016).

Pemerintah, ujar Happy, harus dapat memastikan sumber daya ikan meningkatkan taraf hidup nelayan. Sejalan dengan itu, dia meyakini kontribusi ke negara lewat penerimaan dan devisi akan terdongkrak.

Di sisi lain, dia menambahkan, pemerintah harus mendorong ketersediaan dan konsumsi sumber protein masyarakat. Hal itu beriringan dengan peningkatan produktivitas, mutu, nilai tambah, dan daya saing produk perikanan dan kelautan nasional.

“Tentu dengan jaminan ketersediaan bahan baku untuk industri pengolahan ikan yang juga terjaga kelestariannya,” tutur mantan pejabat Inspektorat Jenderal KKP ini.

Happy akan berupaya menyatukan pelaku perikanan se-Indonesia dan mewakili kepentingan anggota di forum-forum resmi. Dengan demikian, pengusaha maupun nelayan dapat memperjuangkan hak-haknya melalui perumusan regulasi.

PPPI menerima keanggotaan a.l. perusahaan penangkapan ikan, pengolahan ikan, pengangkutan ikan, nelayan pemilik kapal, eksportir, dan pekerja bongkar muat  pelabuhan. Happy mengklaim akan membentuk kepengurusan di seluruh provinsi Indonesia.

Dalam menjalankan roda organisasi, Happy akan dibantu Al Imron sebagai Sekretaris Umum; Ridwan Bastara sebagai Bendahara, dan Dermawan Subroto selaku Wakil Ketua Umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper