Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pencurian Bagasi: Untuk Pencegahan, Angkasa Pura I Balikpapan Butuh Kerjasama Maskapai

PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan menyebut dibutuhkan adanya kerjasama dengan pihak maskapai untuk mengawasi keamanan bagasi para penumpang
Bagasi penumpang/News.com.au
Bagasi penumpang/News.com.au

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan menyebut dibutuhkan adanya kerjasama dengan pihak maskapai untuk mengawasi keamanan bagasi para penumpang

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan Awaluddin mengatakan pengawasan bagasi penumpang merupakan tanggung jawab antara Angkasa Pura dan maskapai.

Pasalnya, pihak Angkasa Pura tidak dapat memantau kegiatan pengaturan bagasi di dalam pesawat.

"Di perut pesawat, kami tidak bisa memantau pengaturan bagasi ini karena tidak ada CCTV dan tugas maskapai sehingga perlu koordinasi untuk meminimalisir pencurian bagasi," ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (13/1/2016).

Saat ini Bandara Sepinggan telah menerapkan Baggage Handling System dengan Hold Baggage System (BHS-HBS) di mana sistem ini membuat penumpang maupun campur tangan manusia tidak banyak bersentuhan dengan bagasi, setelah di screening oleh mesin X-ray.

Sistem ini akan mengurangi celah pembobolan bagasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sebab, semua sistem bongkar-muat barang dari dan ke pesawat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan mesin.

"Penggunaan sistemnya itu alatnya X-ray itu secara otomatis. Kita jamin sangat aman. Alat itu akan mendeteksi barang penumpang. Hanya mesin yang jalan dan hanya dijaga oleh teknisi dan security yang menjamin alat tersebut berfungsi. Apabila ada barang penumpang yang diangkat dari mesin ini, maka akan mati dan tidak jalan, jadi aman," terang Awaluddin.

Untuk diketahui, penggunaan sistem BHS-HBS ini baru digunakan oleh 3 bandara di Indoneisa yakni Bandara Sepinggan, Bandara Kualanamu Medan, dan Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper