Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Akhir Tahun, Harga Bahan Pokok di Denpasar Hanya Naik Tipis

Bisnis.com, DENPASAR - Sejumlah barang kebutuhan pokok seperti telur, daging ayam, cabai besar dan tomat di Pasal tradisional Denpasar, Bali, rata-rata naik tipis, akibat pengaruh mekanisme pasar dan jumlah permintaan yang mengalami melonjak.

"Kenaikan barang kebutuhan pokok itu tercatat sejak kemarin (23/12) sebelum Hari Raya Natal dan Tahun Baru berlangsung," kata Kepada Bidang Kerjasama dan Perlindungan Disperindag Kota Denpasar, Bali, Jarot Agung Iswayudi saat dihubungi di Denpasar, Kamis (24/12/2015).

Dia menjelaskan kenaikan harga kebutuhan itu terjadi di Pasar Badung, Pasar Kreneng Denpasar, Pasar Agung dan Pasar Pula Kerti yang harga telur ayam mengalami kenaikan rata-rata Rp125 per butir atau naik 10,48% dari harga sebelumnya Rp1.200 menjadi Rp1.325 per butir.

Kemudian, untuk harga daging ayam broiler juga mengalami kenaikan tipis rata-rata Rp300 per kilogramnya (naik 0,86 persen) dari sebelumnya Rp35.000 menjadi Rp36.300 per kilogram.

"Kenaikan itu tidak cukup signifikan, sehingga saya mengimbau kepada konsumen agar tidak takut kehabisan stok barang akibat kenaikan harga itu," ujarnya.

Selain kenaikan telur dan ayam broiler, lanjut dia, harga cabai merah juga mengalami kenaikan tipis mencapi Rp550 per kilogramnya (2,75%), dari harga sebelumnya Rp20.000/kg menjadi Rp20.550/kg.

Kemudian, untuk harga tomat lokal juga mengalami kenaikan tipis sebesar Rp200/kg (2,31%) dari harga sebelumnya Rp7.600/kg menjadi Rp7800/kg.

Pedangan telur ayam di Pasar Badung, Denpasar, Ketut Wijana mengatakan, harga telur ayam buras memang mengalami kenaikan tipis menjelang Hari Natal dan Tahun Baru.

Kenaikan harga telur ayam buras saat ini kisaran harga Rp36.000/kerat (1 kerat isian 30 butir telur), namun harga sekarang sudah naik menjadi Rp40.000/kerat.

Pedangan daging ayam broiler di Pasar Badung, Deta juga mengakui kenaikan harga daging ayam broiler juga mengalami kenaikan, namun tidak terlalu signifikan. "Harga daging ayam broiler saat ini kisaran Rp35.500 per kilogram," dari harga sebelumnya Rp35.000/kg," ujarnya.

Pedagang cabai besar dan tomat di Pasar Badung, Bali, Windia juga mengakui, harga cabai besar dan tomat juga naik tipis.

"Harga cabai besar saat ini Rp24.000/kg dari harga sebelumnya Rp23.500/kg. Sedangkan, harga tomat saat ini Rp8.000 yang sebelumnya Rp7.500/kg," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper