Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS PERIKANAN: Menteri Susi Wajibkan Korporasi Penuhi Standar HAM

Pelaku usaha perikanan tangkap akan diwajibkan untuk mengikuti standar hak azasi manusia (HAM) di wilayah laut Indonesia
Ikan hasil tangkapan nelayan. /Antara
Ikan hasil tangkapan nelayan. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku usaha perikanan tangkap akan diwajibkan untuk mengikuti standar hak azasi manusia (HAM) di wilayah laut Indonesia.

Ketentuan tersebut dimuat dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 35/2015 tentang Sistem dan Sertifikasi HAM pada Usaha Perikanan. Beleid resmi diundangkan pada hari ini, Kamis (10/12/2015), yang bertepatan dengan Hari HAM Internasional.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengingatkan korporasi untuk tidak lagi mengabaikan prinsip-prinsip HAM dalam aktivitas usaha. Dia menyebutkan pelanggaran HAM di sektor perikanan masih terjadi seperti perdagangan orang, penyelundupan manusia, penggunaan tenaga kerja anak, hingga ekspolitasi tenaga kerja dengan gaji rendah dan tanpa jaminan sosial.

“Banyak pelaku bisnis meminta kuota tuna, tapi mereka lupa menempatkan di mana kuota kemanusiaan,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, hari ini, Kamis (10/12/2015).

Ketua Satgas Anti Illegal Fishing KKP Mas Achmad Santosa mengatakan Permen No. 35/2015 mengandung tiga ketentuan pokok. Pertama, standar HAM yang sesuai dengan prinsip United Nations Guiding Principles on Business and Human Rights.

Kedua, due diligence atau uji tuntas kepada pelaku usaha agar memenuhi standar HAM. Ketiga, pemulihan HAM.

Bila uji tuntas oleh lembaga verifikasi independen terpenuhi, pelaku usaha akan memperoleh sertifikasi. Pokok-pokok uji kepatuhan dan akreditasi lembaga verifikasi dibuat oleh Tim HAM.

“Tim HAM ini akan dibentuk lewat keputusan menteri dalam satu sampai dua bulan ke depan,” ujarnya.

Ketua The Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST) Marzuki Usman mengatakan regulasi yang mewajibkan pemenuhan standar HAM kepada korporasi merupakan sejarah baru.

“Ini merupakan yang pertama di dunia. Sekali-sekali orang luar bisa menoleh ke Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper