Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aptrindo Ingin Terlibat Penuhi Angkutan Barang di Pelabuhan Swasta

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) berharap terlibat memenuhi angkutan barang di pelabuhan swasta yang sekarang akan berekspansi dengan melakukan konsesi. Wakil Ketua Bidang Distribusi dan Logistik DPP Aptrindo Kyatmaja Lookman menuturkan selama ini pelabuhan swasta engan terminal khusus dan kepentingan sendiri juga mengelola trucking untuk melayani kebutuhan transportasi.
Pelabuhan Makassar/Jibiphoto
Pelabuhan Makassar/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA --  Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) berharap terlibat memenuhi angkutan barang di pelabuhan swasta yang sekarang akan berekspansi dengan melakukan konsesi.

Wakil Ketua Bidang Distribusi dan Logistik DPP Aptrindo Kyatmaja Lookman menuturkan selama ini pelabuhan swasta engan terminal khusus dan kepentingan sendiri juga mengelola trucking untuk melayani kebutuhan transportasi.

Dengan terbukanya konsesi untuk melayani umum, sambungnya, dia meyakini kebutuhan truk semakin banyak terutama di pelabuhan curah. Dia menjelaskan pelabuhan curah harus memiliki truk dengan spesifikasi khusus seperti dump truck.

“Semakin berkembangnya pelabuhan swasta yang kegunaannya akan semakin meluas bukan hanya untuk diri sendiri tetapi nanti akan dipergunakan untuk khalayak ramai, semakin banyak orang yang menggunakan disana, maka akan diperlukan mitra-mitra tambahan untuk trucking,” jelasnya, di Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Ketua DPD Aptrindo Jawa Timur ini juga mengatakan kebutuhan jenis truk tipe lain seperti dump truck, truk tangki dan lain-lain lebih banyak singgah di pelabuhan swasta. Menurutnya, angkutan barang di pelabuhan tidak sekadar truk kontainer dengan ukuran 20 kaki atau 40 kaki dengan model trailer.

Untuk mengangkut kedelai, jagung, sembako, dan sebagainya yang berasal dari negara lain yang masuk di pelabuhan diperlukan dump truck.

“Padahal di pelabuhan curah contohnya [untuk mengangkut] kedelai dari Amerika datang ke Indonesia. itu bukan dalam bentuk kontainer, dalam bentuk curah. Itu akan memerlukan truk dalam bentuk dump truck,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper