Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemensos Dorong Penyediaan Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas

Kementerian Sosial akan memfokuskan pada persoalan penyandang disabilitas sebagai salah satu upaya kota maupun kabupaten dalam memenuhi prinsip hak asasi manusia (HAM)
/bisnis.com
/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Sosial akan memfokuskan pada persoalan penyandang disabilitas sebagai salah satu upaya kota maupun kabupaten dalam memenuhi prinsip hak asasi manusia (HAM).

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan rumusan aksi HAM harus lebih terukur pada kabupaten maupun kota. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar hal itu lebih terukur adalah adanya fasilitas untuk penyandang disabilitas.

"Komitmen dari daerah sangatlah penting khususnya dalam menginventarisir fasilitas yang dapat diberikan kepada penyandang disabilitas," kata Khofifah seperti dilansir dalam situs Komnas HAM yang dikutip Bisnis.com, Sabtu (28/11/2015).

Dia menuturkan dengan pemenuhan fasilitas tersebut, aksi HAM di pelbagai daerah menjadi terukur. Khofifah menuturkan pihaknya menerapkan pendekatan berbasis hak terkait dengan persoalan tersebut.

Dia menuturkan peningkatan angka penyandang disabilitas, di antaranya adalah tuna netra, sangat penting untuk diperhatikan. Disinyalir, salah satu penyebab naiknya penyandang tuna netra adalah tingginya konsumsi minuman oplosan.

“Di RSCM, setiap bulannya ada kenaikan sekitar 13 orang penyandang netra dan ternyata pemicunya adalah tingginya konsumsi minuman oplosan,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anugerah Perkasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper