Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMBIBITAN SAPI: Daya Tampung Padang Mangatas Capai 2.000 Ekor Sapi Indukan

Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) Kementerian Pertanian, di Padang Mangatas, Sumatra Barat memastikan daya tampung kawasan ternak sapi tersebut bisa mencapai 2.000 ekor.
Sapi
Sapi

Bisnis.com, PADANG--Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) Kementerian Pertanian, di Padang Mangatas, Sumatra Barat memastikan daya tampung kawasan ternak sapi tersebut bisa mencapai 2.000 ekor.

Kepala BPTU HPT Sugiono menyebutkan saat ini, areal seluas 280 hektar itu baru ditempati 1.250 ekor sapi jenis Limossin, Simmental, dan sapi pesisir atau sapi lokal. Idealnya kawasan itu mampu menampung hingga 2.000 ekor sapi indukan.

"Masih cukup luas untuk menampung bakalan sapi-sapi baru," katanya kepada Bisnis.com, Jumat (6/11/2015) malam.

Menurutnya, pemerintah sudah berencana mendatangkan bibit sapi impor dari Australia untuk ditempatkan di kawasan itu sebanyak 1.250 ekor lagi. Bibit-bibit baru tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pembibitan sapi dengan kualitas unggul di daerah itu, dan kawasan Sumatra.

Sugiono mengungkapkan lokasi pembibitan BPTU Padang Mangatas merupakan yang terbaik di Tanah Air, karena model pengelolaan kawasan, dan pemeliharaan sapi. Menurutnya sejumlah lokasi di Indonesia sudah mulai mencontoh model peternakan di lokasi itu, seperti di Sumatra Utara, Sulawesi Tengah, hingga Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper