Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batik Air Tergelincir, Slot Terbang Cengkareng-Yogyakarta Dibekukan

Izin slot terbang Cengkareng-Yogyakarta untuk maskapai Batik Air dibekukan selama maksimum 90 hari terkait kecelakaan tergelincirnya Pesawat Batik Air dengan nomor registrasi PK-LBO dengan nomor penerbangan ID 6380 rute Cengkareng-Yogyakarta pada Jumat pukul 15.05 WIB.
Batik Air.
Batik Air.

Bisnis.com, JAKARTA - Izin slot terbang Cengkareng-Yogyakarta untuk maskapai Batik Air dibekukan selama maksimum 90 hari terkait kecelakaan tergelincirnya Pesawat Batik Air dengan nomor registrasi PK-LBO dengan nomor penerbangan ID 6380 rute Cengkareng-Yogyakarta pada Jumat pukul 15.05 WIB.

"Izin slot terbang akan kami suspend [bekukan] untuk 90 hari maksimum, lalu akan kami lihat kenapa sampai tergelincir," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan seusai Diplomatic Reception Pencalonan Indonesia Menjadi Anggota Dewan ICAO Periode 2016-2019 di Jakarta, Jumat (6/11/2015).

Jonan mengatakan akan memanggil pilot terkait penyebab kecelakaan tersebut di samping meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menginvestigasi. "Kita akan panggil pilotnya untuk ditanya kenapa bisa tergelincir dan lain sebagainya," katanya.

Masalah cuaca tidak berpengaruh signifikan terhadap kejadian tergelincirnya pesawat tersebut. "Kalau hari ini hujan ada 10 pesawat tergelincir, kami cek, apa runway-nya yang licin. Tapi ini kan cuma satu pesawat. Apapun, ini insiden yang serius dan kami akan panggil pilotnya," katanya.

Jonan mengatakan jika memang terbukti bahwa tergelincirnya terpengaruh oleh licinnya runway atau landasan pacu, pihaknya akan meminta PT Angkasa Pura I selaku operator bandara tersebut untuk membenahinya.

"Masa harus tergelincir setiap hari, sehari saja ada 800 penerbangan dengan 1.800 movement [pergerakan]," katanya. Namun, Bandara Adisutjipto Yogyakarta tetap dapat beroperasi meskipun terjadi kecelakaan.

Manajer Humas Lion Group Andy M Saladin mengatakan Bandara Adisucipto tetap dapat beroperasi untuk melayani penerbangan dari dan ke Yogyakarta.

Pesawat dengan registrasi PK LBO jenis Boeing 737-800NG ini dipiloti oleh Capt Oscar Mirza berikut Co Pilot Dana Aviantara beserta lima awak kabin dengan membawa sebanyak 161 penumpang. 158 dewasa, dua anak-anak dan satu bayi.

"Penumpang tidak ada yang cedera dan sudah dievakuasi ke terminal Bandara dan sebagian besar penumpang sudah meninggalkan Bandara," katanya.

Andy menjelaskan posisi pesawat ban depan yang keluar dari landasan pacu dan ban belakang pesawat masih berada di atas landasan pacu. "Posisi pesawat saat ini masih dalam proses evakuasi dan kami masih menunggu informasi selanjutnya dari Yogyakarta," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper