Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sektor Maritim Jadi Tulang Punggung Perekonomian

Sektor kemaritiman nasional merupakan salah satu tulang punggung perekonomian dan sekaligus memiliki arti penting bagi pertahanan kedaulatan nasional.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 30 Oktober 2015  |  23:57 WIB
Sektor Maritim Jadi Tulang Punggung Perekonomian
Perikanan - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-Sektor kemaritiman nasional merupakan salah satu tulang punggung perekonomian dan sekaligus memiliki arti penting bagi pertahanan kedaulatan nasional.

Ahmad Pramono, Staff Ahli Kementerian Kelautan dan Perikanan, mengatakan sektor kemaritiman mencakup bidang perikanan, jasa kelautan, wisata bahari, transportasi laut, energi, dan sumber daya mineral.

“Sektor-sektor ini menyediakan nilai ekonomis yang tinggi,” katanya dalam seminar nasional Kemaritiman dan Kebangsaan: Prospek, Peluang dan Tantangan, yang dikutip dari situs resmiUniversitas Islam Negeri (UIN) Jakarta pada Jumat (30/10/2015).

Selain Pramono, pembicara lainnya dalam seminar tersebut adalah Sekjen Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) M. Reza Damanik, Hilman Farid, dan Dekan FAH UIN Jakarta Sukron Kamil.

Sementara itu M. Riza Damanik, Sekjen KIARA, mengatakan sektor maritim di kawasan Timur Indonesia sangat penting karena menyediakan potensi ekonomi yang lebih besar.

“Untuk itu pembangunan kawasan Indonesia di sektor maritim harus merata, karena daerah kemaritiman pun sangat menjanjikan ketika diperhatikan,” ujarnya.

Menurutnya, para mahasiswa hendaknya memahami potensi yang ada dalam sektor kemaritiman, sebagai sumber perekonomian yang melimpah dan penjaga kedaulatan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maritim UIN Jakarta
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top