Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan China Minat Bangun Pabrik di Kalbar

Hongda Xingye Group Co., Ltd., salah satu perusahaan kimia terbesar di Guangzhou, China dikabarkan tengah melakukan penjajakan investasi mendirikan pabrik tepung tapioka di Kalimantan Barat.
Foto ilustrasi pabrik di kawasan industri. /
Foto ilustrasi pabrik di kawasan industri. /

Bisnis.com, JAKARTA — Hongda Xingye Group Co., Ltd., salah satu perusahaan kimia terbesar di Guangzhou, China dikabarkan tengah melakukan penjajakan investasi mendirikan pabrik tepung tapioka di Kalimantan Barat.

Sudin, Komisaris PT Karya Mandiri Citramina (PT KMC), menyatakan perusahaannya akan bermitra dengan Hongda Xingye Group Co., Ltd., untuk merealisasikan investasi tahap pertama di sektor agribisnis utamanya tanaman singkong.

“Untuk nilai investasi, luas lahan, kapasitas produksi belum dapat diinformasikan, masih kami hitung. Tahun depan kami targetkan sudah land clearing dan mulai komersial pada 2017, karena masa tanam singkong hingga 10 bulan,” ujarnya di Jakarta, Jumat (25/10/2015).

Menurutnya, untuk merealisasikan rencana ini PT KMC dan Hongda Xingye Group telah mendatangi Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Jika penjajakan investasi ini berjalan lancar, PT KMC dan mitra dari China akan mendirikan perusahaan patungan yang berproduksi secara terintegrasi, yakni mengelola lahan perkebunan serta pabrik pengolahan hingga pemasaran.

Kelak, jika pabrik tepung tapioka telah berjalan dengan stabil, tuturnya, perusahaan akan bergerak maju dengan memproduksi bioetanol yang juga berbahan dasar singkong. Dengan digandengnya PT KMC sebagai mitra lokal, diharapkan rencana investasi ini dapat terealisasi.

Suryanto, Managing Director PT KMC, mengatakan selama ini perusahaannya bergerak pada industri perikanan yakni memproduksi ikan kalengan untuk pasar ekspor China, Thailand, dan Eropa, dengan kapasitas produksi 20 ton per hari.

“Seluruh produksi kami ekspor, karena pasar domestik belum menyerap ikan kalengan. Kerja sama dengan Hongda Xingye Group karena mereka salah satu mitra kami di China,” tuturnya.

Berdasarkan penelurusan Bisnis pada situs Bloomberg, Hongda Xingye Group Co, Ltd, bersama dengan anak perusahaan bergerak pada sektor energi, plastik dan bahan kimia manufaktur, e-exchange market, perdagangan dan logistik, serta plastik hilir dalam industri kimia dan energi.

Perusahaan menghasilkan berbagai bahan baku kimia, seperti resin polivinil klorida (PVC), soda kaustik serpih, natrium karbonat atau abu soda, natrium sulfida, kalsium karbida, semen, klorin cair, asam klorida, dan bahan baku kimia lainnya, serta natrium hidroksida.

Perusahaan juga terlibat dalam pembuatan bahan PVC kemasan, penjualan plastik dan bahan baku kimia di China serta perdagangan PVC, polietilena(PE), polikarbonat (PC), kalsium karbida, natrium hidroksida, natrium karbonat, klorin cair, asam klorida, dan lainnya.

Selain menjual produk-produknya di pasar domestik, Hongda Xingye Group juga memasarkan barang ke pasar internasional. Perusahaan ini didirikan pada 1991 dan berbasis di Guangzhou, China. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper