Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Padi Aceh Naik 27%

Mengacu pada sejumlah upaya peningkatan produksi, Provinsi Aceh mencatatkan produksi padi tahun ini per Oktober 2015 naik 27% dari produksi sepanjang 2014 lalu.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - - Mengacu pada sejumlah upaya peningkatan produksi, Provinsi Aceh mencatatkan produksi padi tahun ini per Oktober 2015 naik 27% dari produksi sepanjang 2014 lalu.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Aceh Lukman Yusuf mengatakan data produksi Aceh yang akan dipublikasikan pada ARAM (Angka Ramalan) kedua yaitu sebanyak 2,32 juta ton.

"Angka tersebut naik sekitar 500.000 ton dari produksi kami pada 2014 lalu. Sepanjang tahun ini kami targetkan produksi Aceh dapat mencapai 2,4 juta ton tahun ini," kata Lukman pada Bisnis di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Saat ini provinsi ujung barat Indonesia tersebut memiliki total lahan sawah seluas 294.000 hektare dan total luas tanam sebesar 477.000 hektare. Lukman mengakui tidak semua lahan sawah dapat ditanam padi sebanyak lebih dari satu kali.

Lukman pun mengatakan indeks pertanaman di Aceh memang masih cukup rendah akibat beberapa faktor, misalnya keterjaminan ketersediaan air.

Adapun, konsumsi beras Aceh per bulan adalah 600.000 ton, atau 1 juta ton jika memperhitungkan cadangan beras pemerintah.

Lukman menjelaskan dari informasi yang diperolehnya, Aceh menempati urutan keempat tertinggi produksinya setelah Jatim, Jateng, dan Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper