Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PUPR Segera Bangun Rusun Pasar Rumput

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan berencana membangun rumah susun (rusun) Tingkat Tinggi di Pasar Rumput, Jakarta pada awal tahun 2016 mendatang.
Bocah bermain sepeda di halaman sebuah rumah susun di Jakarta./Antara
Bocah bermain sepeda di halaman sebuah rumah susun di Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan berencana membangun rumah susun (rusun) Tingkat Tinggi di Pasar Rumput, Jakarta pada awal tahun 2016 mendatang.

Pembangunan Rusun Pasar Rumput tersebut merupakan bagian dari kerjasama Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai salah satu program strategis pemenuhan kebutuhan tempat tinggal bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di wilayah Ibukota Jakarta.

“Rencananya pembangunan Rusun tingkat tinggi di lokasi Pasar Rumput, Jakarta ini dimulai pada tahun 2016 mendatang,” ujar Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Christ Robert Panusunan Marbun melalui siaran resmi, Kamis (15/10/2015).

Lebih lanjut, Crist Robert menambahkan, pembangunan hunian vertikal untuk MBR merupakan salah satu program strategis pemerintah pusat dan Pemda DKI Jakarta yang perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak. Apalagi kebutuhan rumah untuk MBR yang kebanyakan tinggal di wilayah perkotaan jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya.

“Program ini juga menjadi bagian dari Program Terpadu Penataan Bantaran Sungai Ciliwung serta revitalisasi atau peremajaan Pasar Tradisional Pasar Rumput yang saat ini kondisinya sudah tidak layak lagi,” imbuhnya.

Menurut rencana, pembangunan Rusun ini dilakukan di atas tanah milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta khususnya PD Pasar Jaya. Berbagai fasilitas pendukung nantinya juga akan dipersiapkan oleh pemerintah baik fasilitas yang ada di pasar tradisional, fasilitas sosial, fasilitas umum serta unit hunian yang akan dibangun.

“Di Rusun tersebut rencananya dibangun setinggi 25 lantai dan diperuntukkan bagi masyarakat yang terkena dampak program relokasi serta MBR. Kami memperkirakan pembangunan Rusun tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2018,” tandasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya pada tahun 2013 telah dilakukan Kesepakatan Bersama yang diinisiasi oleh Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tentang  Penyelenggaraan Rusun Sewa Bagi Masyarakat Yang Terkena Dampak Relokasi  Permukiman Kumuh Sepanjang Bantaran Sungai Ciliwung.

Pada waktu itu, Kemenpera telah melakukan kegiatan penyusunan DED dan Amdal terhadap rencana pembangunan Rusun di lokasi Pasar Rumput.

Namun demikian, dengan penggabungan Kementerian antara Kemenpera dan Kementerian PU saat ini, maka Direktorat Rusun Kementerian PUPR menilai perlu dilakukan kajian beserta kelayakan teknis maupun kajian value engineering dan pemenuhan konsep green building green construction untuk menyempurnakan desain yang sudah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper