Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPD Apresiasi Permendag Terkait Praktik Spekulan

Dewan Perwakilan Daerah menyatakan (DPD) menyatakan bahwa rencana Kementerian Perdagangan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) tentang pengendalian harga merupakan langkah positif dalam menekan praktik spekulan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 Juli 2015  |  19:09 WIB
DPD Apresiasi Permendag Terkait Praktik Spekulan
Pedagang menyortir beras sebelum didistribusikan di Pasar Induk Cipinang Jakarta. - Bisnis/Dwi Prasetya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Dewan Perwakilan Daerah menyatakan (DPD) menyatakan bahwa rencana Kementerian Perdagangan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) tentang pengendalian harga merupakan langkah positif dalam menekan praktik spekulan.

Menurut Anggota DPD, Adrianus Garu inisiatif  Mendag Rachmat Gobel tersebut tersebut nantinya tidak saja akan mempersempit langlah spekulkan, namun  juga akan dapat mengendalikan harga yang kerap dipermainkan di pasar.

 Apalagi, ujarnya, praktik spekluan itu kian sering dilakukan pada saat hari raya keagamaan.

 “Saya melihat rencana Mendag yang akan menerbitkan Permendag Pengendalian Harga Pangan merupakan bukti keseriusan Rachmat Gobel bekerja untuk kepentingan rakyat. Kita dukung kalau tujuannya jelas untuk kesejahteraan rakyat,” katanya.

 Adrianus lebih jauh mengatakan, Permendag tersebut merupakan amanat dari Peraturan Presiden (Perpres) No 71 Teahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting. Amanat itu, ujarnya, merupakan bentuk dari pengendalian harga pangan.

“Karena itu merupakan amanat Perpres, maka sangat diapresiasi ketika Mendag berinisiatif menerbitkan peraturan tersebut,” katanya.

 Sebelumnya , Mendag Rachmat Gobel mengatakan Permendag Pengendalian Harga akan terbit pada tahun ini karena memang sduah ditargetkan selesai dalam waktu dekat.

“Yang jelas dalam waktu dekat akan ke luar, tahun ini kan memang harus selesai,” ujarnya.

Rachmat meyakini dengan penerbitan Permendag sebagai turunan dari Perpres No 71/2015 itu, pengendalian harga mendatang akan lebih baik. Selain itu, Rachmat mengatakan akan memperingkas rantai distribusi agar disparitas harga daging sapi dapat ditekan karena hal tersebut penyebab harga pangan naik.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 71 Tahun 2015 terkait Stabilitas Harga Bahan Pokok. Aturan itu mengatur beberapa aturan mengenai proses produksi hingga distribusi dan pola perdagangan bahan-bahan pokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendag dpd spekulan
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top