Kuartal III/2015, Kementerian PU-Pera Perkirakan Realisasi Anggaran 60%

Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat memperkirakan penyerapan anggaran untuk keperluan pembangunan infrastruktur dapat mencapai sekitar 60% pada kuartal III/2015.
Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono. /Antara
Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA--- Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat memperkirakan penyerapan anggaran untuk keperluan pembangunan infrastruktur dapat mencapai sekitar 60% pada kuartal III/2015.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan realisasi penyerapan anggaran telah mencapai lebih dari 20% pada semester I/2016 atau sekitar Rp22 triliun dari total anggaran Rp118,5 triliun pada tahun ini.

Menurutnya, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran untuk menggenjot penyerapan anggaran pada semester II/2015. “Kami akan percepat [dengan cara] dua hal,” katanya di Kementerian BUMN, Kamis (23/7).

Pertama, pemerintah meminta adanya hari kerja selama tujuh hari per minggu dan dua pembagian waktu (shift) serta direktur dan kepala sub direktorat harus memantau ke lapangan.

“Kedua untuk beberapa proyek kecil yang belum lelang harus kita lelang, kerjakan semua cepat, cepat lelang, hubungi landing agency jangan terlalu birokrasi,” tambahnya.

Basuki meyakini realisasi penyerapan anggaran Kementerian PU-Pera dapat mencapai lebih dari 90% pada akhir semester II/2015. Pemerintah berencana melakukan rapat setiap dua minggu untuk memantau perkembangan proyek infrastruktur yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper