Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wujdukan Swasembada, Kementan Siapkan Cetak Sawah Baru 23.000 Ha

Guna mendukung swasembada pangan, tahun ini pemerintah menyiapkan 23.000 hektare lahan yang akan digunakan untuk cetak sawah baru di 12 kabupaten.
Sawah/Antara
Sawah/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Guna mendukung swasembada pangan, tahun ini pemerintah menyiapkan 23.000 hektare lahan yang akan digunakan untuk cetak sawah baru di 12 kabupaten.

Dari total lahan tersebut, sebanyak 10.000 hektare berada di Merauke, sedangkan sisanya tersebar di 11 kabupaten . Diantaranya adalah Merangin, Ogan Komering Ilir, Mesuji, Sanggau, Pinrang, Wajo, Bombana, Bima, Bangka Barat, dan Bangka Selatan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian Abdul Madjid mengatakan saat ini lahan tersebut masih dalam proses persiapan.

"Kegiatan ini muncul Juni kemarin dari raker [rapat kerja] dengan DPR RI. Sekarang masih disiapkan," katanya saat konferensi pers dukungan PSP Kementan dalam swasembada pangan, Selasa (14/7/2014).

Dia menambahkan cetak sawah baru ini didukung pula dengan pengadaan alat mesin pertanian (alsintan) untuk mengelola lahan tersebut. Alsintan ini diantaranya adalah sebanyak 259 unit traktor roda 4, 304 unit transplanter, 6.000 unit pompa air, dan 300 combine harverster.

Cetak sawah baru ini, lanjut Madjid, menggunakan revisi anggaran yang diputuskan pada rapat kerja (raker) bersama DPR RI pada bulan lalu. Menurutnya, untuk cetak sawah dikeluarkan anggaran sebesar Rp393 miliar atau 3% dari total anggaran di ditjen PSP Kementan sebesar Rp14,4 trilun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihda Fadila
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper