Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DWELLING TIME: Menkeu Tuding Otoritas Pelabuhan Biang Kerok

Menteri Keuangan menuding otoritas pelabuhan sebagai penyebab lamanya waktu tunggu bongkar muat atau dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Wakil Menteri Keuangan II Bambang P.S Brodjonegoro
Wakil Menteri Keuangan II Bambang P.S Brodjonegoro

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menuding otoritas pelabuhan sebagai penyebab lamanya waktu tunggu bongkar muat atau dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Bambang mengatakan proses dwelling time yang masih memakan waktu lama adalah tahap pre-clearance. Tahapan tersebut, termasuk bongkar muat dan angkut barang di dalam pelabuhan. 

"Berarti itu kan Otoritas Pelabuhan. Ya Pelindo atau Otoritas Pelabuhan-lah," tuturnya di Kantor Wakil Presiden, Kamis (18/6/2015). 

Menurutnya, peran Direktorat Jenderal Bea Cukai terhadap dwelling time relatif kecil. Bahkan waktu pengurusan kepabeanan atau customs clearance di pelabuhan diklaim semakin singkat. 

"Bea & Cukai‎ perannya kecil, jadi enggak memperpanjang dwelling time. Malah kita turun terus kok," ujar Bambang. 

Saat ini, customs clearance mencapai 0,5 hari. Adapun rata-rata dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok berkisar 5,5 hari. 

"Jadi kebanyakan masalahnya di pre-clearence. Kadang-kadang post-clearence juga masalah. Karena ditimbun dan enggak segera ditarik keluar," imbuh Bambang. 

Dalam kunjungan kerja ke Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (17/6/2015), Presiden Jokowi kecewa terhadap lamanya masa inap kontainer di pelabuhan terbesar di Jakarta itu.

Jokowi pun tidak mendapat jawaban yang memuaskan tentang siapa yang bertanggung jawab atas lambatnya proses dwelling time.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan lamanya dwelling time merupakan tanggung jawab semua stakeholder di pelabuhan, tidak hanya operator pelabuhan dalam hal ini PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang dinakhodai oleh R.J. Lino. 

"Loh itu kan di pelabuhan, tetapi kan banyak pihak di pelabuhan itu‎, ada proses panjangnya. Itu kerja teamwork kok. Bagaimana kita semua memperbaiki. Pokoknya salah kita bersama kali ya," katanya. 

Rini mengaku belum mendapat laporan terkait kunjungan Presiden Jokowi ke Pelabuhan Tanjung Priok lantaran baru pulan dari kunjungan kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper