Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WISATA MANDEH: Menteri Andrinof Sarankan Bus Air untuk Akses Transportasi

Untuk meningkatkan akses transportasi ke objek wisata kawasan Mandeh di Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pemerintah setempat disarankan mengembangkan moda alternatif bus air.
Kawasan Wisata Mandeh/Antara
Kawasan Wisata Mandeh/Antara

Bisnis.com, PADANG—Untuk meningkatkan akses transportasi ke objek wisata kawasan Mandeh di Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pemerintah setempat disarankan mengembangkan moda alternatif bus air.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Andrinof Chaniago menyarankan transportasi laut perlu dikembangkan untuk meningkatkan akses wisatawan menuju kawasan Mandeh.

“Salah satu yang perlu dikembangkan adalah transportasi air. Bikin bus air, sangat memungkinkan dari Teluk Bayur ke Mandeh,” katanya, Sabtu (16/5/2015).

Menurutnya, transportasi air justru menawarkan pengalaman yang berbeda, karena wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dan pulau-pulau yang berada di sepanjang Padang-Pesisir Selatan.

Untuk jarak tempuh, bus air dinilai bisa lebih cepat, karena hanya memerlukan waktu satu jam. Sementara perjalanan darat menghabiskan satu setengah jam.

Pemerintah, katanya, juga akan membangun jalan alternatif di sepanjang garis panjang sepanjang sekitar 40 kilometer ke objek wisata tersebut. Jika tuntas, jarak tempuh diperkirakan hanya 30 menit.

Andrinof mengatakan semakin banyak akses menuju Mandeh akan memudahkan pengembangan kawasan itu.

Mandeh adalah kawasan laut dengan luas 18.000 hektare dengan 13 gugusan pulau yang terletak di Kecamatan Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Keindahan Mandeh disebut-sebut setara dengan Raja Ampat.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper