Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKP Dukung Pelaku Bisnis Ikan Hias

Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan Perikanan (BPSDM KP) terus berupaya dalam peningkatan kapasitas SDM kelautan dan perikanan, termasuk pelaku usaha ikan hias.

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan Perikanan (BPSDM KP) terus berupaya dalam peningkatan kapasitas SDM kelautan dan perikanan, termasuk pelaku usaha ikan hias.

Kepala BPSDM KP Suseno Sukoyono mengatakan hal ini dilakukan dalam mendukung tiga pilar KKP yang terdiri dari prosperity (kesejahteraan), sustainability (keberlanjutan), dan sovereignity (kedaulatan), terutama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Pengembangan SDM ini dirasa sangat penting karena mengelola sumber daya kelautan dan perikanan pada hakekatnya adalah mengelola SDM-nya,” ujarnya lewat keterangan resmi yang dterima Bisnis.com, Rabu (13/5/2015).

Dia menambahkan upaya BPSDM KP ini salah satunya melalui kegiatan pelatihan terhadap kelompok pelaku usaha ikan baik teknis maupun kewirausahaan. Tahun lalu, telah diselenggarakan 44 pelatihan ikan hias yang dikuti oleh 530 peserta.

Pelatihan kelautan dan perikanan yang diselenggarakan KKP dilakukan melalui enam balai diklat.

Karena terbatasnya  jumlah balai tersebut dengan wilayah kerja seluruh Indonesia, maka pelaku usaha yang telah sukses dan dapat menyelenggarakan pelatihan ditetapkan sebagai Pusat Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP).

Selain pelatihan, lanjutnya, upaya pengembangan SDM ikan hias pun dilakukan dengan kegiatan pendidikan dan penyuluhan.

Hal ini dilakukan agar usaha ikan hias dapat menjadi pilihan hidup lulusan satuan pendidikan KKP serta penyuluh perikanan tetap hadir mendampingin masyarakat pelaku utama/usaha ikan hias di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihda Fadila
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper