Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INSIDEN GARUDA INDONESIA: Sebelum Mario, Ada 'Mario' Lainnya

Aksi nekat Mario Steven Ambarita (21), menyusup ke dalam rongga ban pesawat Garuda Indonesia GA 177 tujuan Pekanbaru-Jakarta, sudah pernah terjadi beberapa kali di dalam dunia penerbangan domestik Indonesia maupun di luar negeri.
Ilustrasi Roda Pesawat./www.businessinsider.com
Ilustrasi Roda Pesawat./www.businessinsider.com

Bisnis.com, JAKARTA - Aksi nekat Mario Steven Ambarita (21), menyusup ke dalam rongga ban pesawat Garuda Indonesia GA 177 tujuan Pekanbaru-Jakarta, sudah pernah terjadi beberapa kali di dalam dunia penerbangan domestik Indonesia maupun di luar negeri.

Inilah beberapa pelaku aksi nekat tersebut:

Tarsono

18 Februari 1981 tubuh pria bernama Tarsono ketahuan berada di bagian celah roda pesawat Mandala sesaat setelah pesawat itu mendarat di Bandara Kemayoran, Jakarta. Dia nekat menjadi penumpang roda pesawat dari Semarang ke Jakarta.

Selama 1 jam 30 menit dia berada dalam celah roda pesawat pada ketinggian 12 ribu kaki. Saat mendarat tubuhnya terkulai lemas, kedua kakinya luka berat. Beruntung Tarsono selamat.

Duo Medan

23 September 1997, dua orang remaja, Manto Manurung dan Siswandi Nurdin Simatupang, ditemukan di ruang roda pesawat Garuda Airbus A300-B4. Mereka nekat menyusup di roda pesawat agar bisa terbang dari Medan menuju Jakarta.

Mereka berdua beruntung bisa bertahan dan hanya mengalami luka-luka. Padahal, ketinggian pesawat saat itu mencapai 30 ribu dari Medan ke Jakarta.

25 Juli 2013

Kejadian aneh membuat seorang warga di pinggiran kota Niamey, Nigeria, terkejut. Hanya berjarak beberapa meter dari tempatnya berdiri, sesosok tubuh jatuh dari langit. Kejadian ini terjadi pada hari Kamis, pukul 05.00 waktu setempat.

"Polisi menemukan tubuh pria kulit hitam yang sudah tidak bernyawa lagi," ujar Menteri Dalam Negeri Nigeria, Abdou Labo.

Tubuh pria itu berlumuran darah. Abdou mengatakan, di sayap kiri pesawat Air France juga ditemukan bercak darah. Rupanya, tubuh pria hitam itu telah jatuh dari pesawat Air France yang hendak menuju Paris dari kota Burkina Faso.

Informasi awal menunjukkan, pria ini adalah penumpang gelap. Menurut juru bicara Air France, Christophe Paumier, di Paris, pria ini diduga bersembunyi di roda pesawat.

Hawaiian Airlines

Seorang remaja 16 tahun nekat bersembunyi di roda pesawat selama penerbangan dari California ke Hawaii, Amerika Serikat. Remaja selamat dalam penerbangan melintasi Samudra Pasifik tanpa cedera berarti.

"Meskipun suhu selama penerbangan itu sangat dingin," kata juru bicara Federal Bureau of Investigation (FBI), Tom Simon, kepada NBC News, 21 April 2014.

Simon mengatakan remaja itu pergi dari Santa Clara, California, dengan menumpang pesawat dari maskapai Hawaiian Airlines bernomor penerbangan 45.

Dia diduga memilih pesawat secara acak dan memilih bersembunyi di dalam pesawat Hawaiian Airlines yang terbang pada Ahad pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper