Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MEA 2015: Koordinasi Pusat-Daerah Perburuk Persiapan Tenaga Kerja

Buruknya koordinasi yang dilakukan antara pemerintah pusat dan daerah dinilai sebagai salah satu penyebab masih buruknya persiapan tenaga kerja menyambut era pasar bebas Asean.

Bisnis.com, JAKARTA -- Buruknya koordinasi yang dilakukan antara pemerintah pusat dan daerah dinilai sebagai salah satu penyebab masih buruknya persiapan tenaga kerja menyambut era pasar bebas Asean.

Ketua Bidang Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Anthony Hilman mengatakan buruknya sistem koordinasi tersebut akan menghambat persiapan tenaga kerja di Tanah Air.

"Daerah sebenarnya menunggu instruksi pusat, tapi kalau pusat tidak sosialisai ya segala kebijakan yang dikeluarkan hanya sekadar seremonial," katanya kepada Bisnis.com, Selasa (7/4/2015) malam.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan berbagai langkah terkait proses percepatan sertifikasi tenaga kerja jelang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akhir tahun nanti.

Langkah pertama adalah pembentukan 12 komite sertifikasi sektoral dan mempermudah syarat mengikuti pelatihan di balai latihan kerja, dari yang semula lulusan SMA menjadi minimal lulusan SD.

"Langkah itu sebenarnya terlambat. Tapi itu akan berdampak positif apabila koordinasi yang dilakukan antara pusat dan daerah berjalan dengan baik," ujarnya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tegar Arief
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper