Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tampilkan Kesan Alami Melalui Cat Berwarna Lembut

enggunakan tema alami dalam rumah untuk menimbulkan kesan sejuk dan segar, sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Di samping memanfaatkan perabotan yang bertema alami, penggunaan cat dengan warna-warna tertentu bisa menjadi pilihan lain.
Cat berwarna netral, kalem sekaligus lembut bisa menjadi salah satu pilihan untuk membangkitkan kesan alami dalam rumah./ciputraentrepreneurship.com
Cat berwarna netral, kalem sekaligus lembut bisa menjadi salah satu pilihan untuk membangkitkan kesan alami dalam rumah./ciputraentrepreneurship.com

Bisnis.com,JAKARTA -  Menggunakan tema alami dalam rumah untuk menimbulkan kesan sejuk dan segar, sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Di samping memanfaatkan perabotan yang bertema alami, penggunaan cat dengan warna-warna tertentu bisa menjadi pilihan lain.

Cat berwarna netral, kalem sekaligus lembut bisa menjadi salah satu pilihan untuk membangkitkan kesan alami dalam rumah. Warna-warna tersebut antara lain, hijau lumut, biru tosca atau abu-abu.

Selain itu, warna-warna tersebut diyakini mampu berselaras dengan berbagai jenis warna perabotan yang biasa menghiasi rumah. Di sisi lain, warna-warna tersebut juga dipercaya mampu memunculkan aura positif bagi sang pemilik rumah. Sehingga aura tersebut dapat ditularkan kepada siapapu yang memasuki ruangan tersebut.

“Warna tersebut dapat memberikan hal positif kepada penghuni rumah, tidak hanya untuk dirinya, namun juga terhadap lingkungan,” ungkap Cosmas Gozali, arsitek pemilik Atelier Cosmas Gozali, dalam peluncuran salah satu merek cat beberapa waktu lalu.

Warna hijau lumut dianggap mampu mewakili nuanasapemandangan pepohonan yang rindang di huan ataupun taman. Sehingga aura kesejukan pun bisa tampil dengan baik di ruangan anda.

Hal yang sama terjadi pada biru tosca. Warna yang cenderung bersifat segar, muda, tapi tetap lembut ini, diyakni bisa menimbulkan kesan cerah seperti pemandangan langit di pagi hari.

Begitu pula dengan abu-abu, berbagai kesan bisa ditimbulkan dari warna ini jika digunakan sebagai warna cat tembok ruangan Anda. Jika Anda ingin menampilkan kesan hangat dalam ruangan, warna abu-abu muda yang mendekati krem bisa menjadi pilihan.

Sementara itu, ada juga abu-abu yang bisa menampilkan kesa dingin dan sejuk, yakni dengan campuran warna biru. Warna abu-abu kebiruan umumnya tampil menarik dengan warna putih terang untuk beberapa sisi ruangan formal.

Namun ada baiknya bila Anda memadukan warna-warna alami tersebut dengan warna lain untuk mendapatkan nuansa warna ruangan yang lebih baik.

Memadukan salah dua dari tiga warna alami tersebut dapat menjadi pilihan. Misalnya jika Anda ingin menggunakan cat berwarna hijau lumut, Anda bisa mengunakan perabotan berwarna dasar abu-abu atau bercorak mendekati abu-abu, seperti krem ataupun merah pupus.

Pemilihan perabotan seperti karpet, lemari atau bahkan tempat tidur bisa dimainkan sebagai warna perpaduan.

Atau sebaliknya, jika anda ingin menggunakan cat ruangan berwarna biru tosca yang bersifat cerah dan segar. Anda bisa memadukannya dengan warna hijau lumut atau abu-abu untuk perabotannya., seperti untuk warna sofa atau tirai jendela di ruangan.

 “Warna-warna ini sangat cocok untuk arsitektur modern kontemporer Indonesia yang menghargai kembali unsur alam sebagai bentuk keseimbangan dalam rumah,”  kata Ahmad Djuhara, pemilik biro arsitek Djuhara+Djuhara.

Diperkirakan pula oleh Ahmad, warna-warna lembut dan sejuk seperti biru tosca, hijau lumut dan abu-abu akan menjadi tren di beberapa tahun ke depan. Sifatnya yang cocok dengan berbagai jenis hunian, seperti rumah minimalis ataupun apartemen, membuat warna-warna alami tersebut akan dipilih oleh masyarakat.

Hal ini dibuktikan oleh Ahmad dengan mulai banyaknya perumahan dan apartemen yang menggunakan warna cat dinding yang lembut dan sejuk saat ini.

Namun, pemilihan warna mana yang akan dijadikan sebagai warna dasar ruangan, menurut Ahmad dapat dikembalikan kepada karakter dan kesukaan dari sang pemilik rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper