Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEK Tanjung Lesung Segera Diresmikan Jokowi

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno menyatakan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang siap diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Pebruari 2015.

Bisnis.com, SERANG--Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno menyatakan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang siap diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Pebruari 2015.

"Insya Allah beliau pak Presiden akan datang untuk meresmikan KEK Tanjung Lesung. Kepastiannya ya 80 persen lah beliau akan hadir," kata Rano Karno saat melakukan kunjungan kerja ke Banten Selatan di Lebak, Rabu.

Rano mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan surat meminta kepastian kehadiran Presiden Joko Widodo untuk meresmikan KEK Tanjung Lesung. Hingga saat ini Pemprov Banten masih menunggu informasi kepastian presiden dari pihak Sekretariat Negara (Setneg).

"Ya kita berharap pak presiden hadir pada 23 Pebruari nanti," kata Rano.

Akan tetapi, kata Rano, pihaknya belum bisa memastikan kedatangan Presiden Joko Widodo tersebut ke Tanjung Lesung melalui jalan darat atau udara.

"Kita berharap sih lewat udara, karena kalau lewat darat bisa empat sampai lima jam perjalanan," katanya.

Terkait persiapan Pemprov Banten dalam peresmian KEK Tanjung Lesung tersebut, Rano menyatakan semuanya sudah siap termasuk kantor Administrator yang sudah dibangun di kawasan tersebut.

"Persiapannya sudah 95 persen lah. Kita tinggal 'go' aja," kata Rano usai meninjau pembangunan jalan Saketi-Malingping.

Pihaknya berharap setelah peresmian nanti, banyak investor besar yang akan menanamkan modalnya di KEK Tanjung Lesung tersebut.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, ditargetkan mulai beroperasi akhir Pebruari 2015.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten Ali Fadillah mengatakan, rencananya pengoperasian KEK Pariwisata Tanjung Lesung ditandai dengan peresmian pada 23 Pebruari 2015.

Operasional KEK Tanjung Lesung tersebut juga ditandai dengan 'groundbreaking' pembangunan Kawasan Marina dan Terminal Cruise, dengan nilai investasi sekitar Rp586 miliar oleh PT Pelindo II.

"Masing-masing pihak Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang memiliki tugas tanggung jawab yang harus dikerjakan untuk peresmian operasional KEK Tanjung Lesung 23 Februari 2015 mendatang. Kami akan siapkan semua administrasi yang masih dibutuhkan untuk operasional KEK Tanjung Lesung tersebut," kata Ali Fadilah yang juga Sekretaris Dewan Kawasan KEK Provinsi Banten.

Menurut Ali, upaya mempercepat beroperasinya KEK Tanjung Lesung sesuai perencanaan, juga dilakukan dengan memperhatikan hal-hal bersifat administratif. Sehingga setiap celah administrasi yang harus disiapkan sudah memadai bagi pelaksanaan operasional KEK tersebut.

Oleh karena itu, kata Ali, Plt Gubernur Banten saat pertemuan dengan dewan nasional KEK pada Kamis (5/2), mengingatkan agar setiap pihak secara konsisten mengerjakan tugas tanggungjawabnya, terutama pihak pengembang atau pengelola KEK itu.

Menurut Ali, pihak PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola KEK Pariwisata Tanjung Lesung telah menginvestasikan dana senilai Rp1,4 triliun untuk membangun kawasan tersebut.

Selain itu, kata Ali, saat operasional KEK Tanjung Lesung 23 Februari 2015, direncanakan untuk 'groundbreaking' pembangunan Kawasan Marina dan Terminal Cruise senilai Rp586 miliar oleh PT Pelindo II.

Dengan begitu secara total, nilai investasi yang akan dikucurkan mencapai Rp4,83 triliun, mencakup pembangunan di dalam kawasan dan groundbreaking PT Pelindo II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper