Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2015, KAI Daop IV Gencarkan Penataan Stasiun

PT Kereta Api Indonesia (Persero) daerah operasional IV Semarang akan melakukan panataan kawasan di sejumlah stasiun besar pada 2015 guna meningkatkan layanan bagi arus penumpang yang semakin meningkat.

Bisnis.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) daerah operasional IV Semarang akan melakukan panataan kawasan di sejumlah stasiun besar pada 2015 guna meningkatkan layanan bagi arus penumpang yang semakin meningkat.

Kepala KAI Daop IV Semarang Wawan Ariyanto mengatakan mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan penataan kawasan guna memperbesar kapasitas parkir, seperti di Stasiun Poncol  yang diperluas hingga 1.000 m2 dan di Stasiun Tawang hingga 3.000m2.

“Yang jelas pada 2015 ini kami akan menata kawasan-kawasan untuk pelayanan. Jadi, stasiun besar kami akan tata semua,” katanya, Selasa (17/2/2015).

Wawan menuturkan hal ini dilakukan untuk mendukung peningkatan arus penumpang antarkota yang semakin tinggi. Tidak jarang, jelasnya, penumpang menggunakan kereta antarkota sebagai sarana transportasi jarak jauh dan tetap menggunakan motor untuk jarak dekat.

“Coba lihat kalau mereka turun pasti banyak membawa helm. Artinya helm satu, tapi motornya dua. Motor hanya untuk ke tempat tinggal dan kantor, jadi kami antisipasi dengan perluasan tempat parkir dan kawasan layanan,” ujarnya.

Menurutnya, dalam sehari sehari 47 stasiun di daop IV melayani sekitar 15.000 penumpang. Stasiun Poncol menjadi stasiun terpadat dengan arus penumpang hingga 5.000 orang per hari, disusul Stasiun Tawang dan Stasiun Tegal.

Karena itu, lanjut Wawan, peningkatan kawasan layanan juga akan segera direalisasikan ke sejumlah stasiun besar antara lain di Tegal, Pekalongan dan Cepu. Stasiun Cepu, lanjutnya, akan mulai ditata pada akhir bulan ini.

“Frekuensi kereta sudah cukup lah untuk penumpang. Tahun ini hanya untuk pengembangan kawasan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper