Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerja Sama Ekonomi RI-Jepang Masih Belum Berimbang

Peninjauan ulang kerja sama ekonomi Indonesia dengan Jepang (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), hendaknya didasari oleh sejarah awal dijalinnya kemitraan kedua negara.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Peninjauan ulang kerja sama ekonomi Indonesia dengan Jepang (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), hendaknya didasari oleh sejarah awal dijalinnya kemitraan kedua negara.

Direktur Kerja sama Industri Internasional Wilayah II dan Regional Kemenperin, Restu Yuni Widayati mengatakan bagaimanapun IJEPA harus ditinjau ulang secara menyeluruh (general review). Pasalnya penetrasi produk RI ke Jepang, tidak menguat meskipun ada kemitraan ini.

 

"Saat kunjungan Mendag ke Jepang, beberapa waktu lalu, ada pembicaraan katanya Jepang oke [general review] dimulai. Tinggal tunggu waktu," katanya kepada Bisnis.com, Senin (9/2/2015).

 

Secara garis besar FTA hanya fokus meningkatkan liberalisasi perdagangan, sedangkan dalam economic partnership agreement mengenal capacity building. Secara umum perdagangan internasional bertujuan mendorong pertumbuhan, peningkatan kesejahteraan dan saling partisipasi dalam rantai pasok dunia.

Dengan kata lain, paparnya, IJEPA menghendaki adanya proses untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing industri nasional.

"Semangat dasar kemitraan ini menghendaki perbaikan perdagangan RI ke Jepang, demikian sebaliknya".

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper