Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bensin dan Cabai Sumbang Deflasi 0,61% di Riau

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat dari gabungan tiga kota utama wilayah itu pada Januari mengalami deflasi sebesar 0,61%.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 02 Februari 2015  |  15:59 WIB
Penurunan harga BBM bersubsidi berkontribusi terhadap deflasi di sejumlah daerah - Ilustrasi/bisnis.com
Penurunan harga BBM bersubsidi berkontribusi terhadap deflasi di sejumlah daerah - Ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU - Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat dari gabungan tiga kota utama di wilayah itu pada Januari mengalami deflasi sebesar 0,61%.

Kepala BPS Riau Mawardi Arsyad mengatakan kelompok pengeluaran yang memberi kontribusi besar pada deflasi yaitu komponen transportasi dan bahan makanan.

"Kelompok tranportasi dengan deflasi sebesar 4,57% dan kelompok bahan makanan juga deflasi sebesar 0,28%, komoditas utama penyumbangnya yaitu bensin dan cabai merah," kata Mawardi, Senin (2/2/2015).

Deflasi Riau sebesar 0,61% pada Januari adalah rerata deflasi dari tiga kota utama, yakni Pekanbaru dengan deflasi 0,69%, Dumai dengan deflasi 0,37% dan Tembilahan dengan deflasi 0,19%.

Sementara itu, lima kelompok pengeluaran lainnya yakni kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau mengalami inflasi 0,39%. Kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar dengan inflasi 0,76%.

Kelompok sandang sebesar 0,52%. Kelompok kesehatan sebesar 0,34%. Serta kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,06%.

"Beberapa kondisi yang kami temukan, harga nasi ramas, harga elpiji, air isi ulang terus naik dan ini tetap memberi andil inflasi di Riau," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau deflasi cabai bensin
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top