Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JK: Jumlah Petani Berkurang Justru Bagus

Wakil Presiden Jusuf Kalla menginginkan jumlah petani di Indonesia turun drastis dari posisi saat ini sekitar 31,7 juta rumah tangga demi peningkatan kesejahteraan mereka.n
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 31 Januari 2015  |  10:31 WIB
Jusuf Kalla -
Jusuf Kalla -

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Presiden Jusuf Kalla menginginkan jumlah petani di Indonesia turun drastis dari posisi saat ini sekitar 31,7 juta rumah tangga demi peningkatan kesejahteraan mereka.

"Kalau jumlah petani turun, itu justru baik, karena pembagian lahannya yang sudah sempit turun. Kalau lahan sempit, jelas miskin," katanyanya di hadapan alumni Universitas Airlangga, Jumat malam (30/1/2015).

Wapres menambahkan kapasitas lahan, khususnya di Pulau Jawa, sudah tidak memungkinkan untuk mendongkrak pendapatan petani baru.

"Kapasitas lahan sudah jauh terbatas, seperti di Jawa mungkin 1/3 ha untuk 2 orang, pendapatan paling banter Rp1 juta per bulan," ungkapnya.

Untuk itu, JK menuturkan harapan satu-satunya adalah sektor manufaktur.

Dia menggambarkan, dari luas lahan yang sama, 1 hektare manufaktur bisa menyerap 100 tenaga kerja dengan pendapatan per orang minimal 1 juta per bulan.

"Kuncinya manufaktur, hanya ini yang memberi lapangan kerja sehingga revenue naik dan penyerapan tenaga kerja naik," lanjutnya.

Namun demikian, dia menjabarkan pemerintah saat ini akan terus mengejar swasembada pangan dan memutus ketergantungan pasar. Alasannya, pangan adalah kunci stabilitas nasional.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

petani
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top