Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Siap Upgrade 5 Kilang

PT Pertamina (Persero) akan segera melakukan upgrade terhadap 5 kilangnya sebagai bagian dari proyek Refining Development Masterplan Program (RDMP).n
Lucky Leonard
Lucky Leonard - Bisnis.com 24 Januari 2015  |  06:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pertamina (Persero) akan segera melakukan upgrade terhadap 5 kilangnya sebagai bagian dari proyek Refining Development Masterplan Program (RDMP).

Vice President Strategic Planning, Business Development, and Operation Risk Direktorat Pengolahan Pertamina Achmad Fathoni Mahmud mengatakan proyek tersebut telah mengalami kemajuan degan berhasil menggaet tiga calon investor.

Ketiga calon investor tersebut adalah Saudi Aramco, Sinopec, dan JX Nippon yang membuka peluang Pertamina untuk mengolah minyak mentah berkadar sulfur tinggi (sour crude). Dengan begitu, Pertamina dapat memanfaatkan minyak mentah lebih murah dengan hasil produk yang lebih banyak.

"Selama ini, kilang Pertamina banyak menggunakan minyak mentah light sweet crude yang harganya relatif lebih mahal," ujarnya di Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Seperti diketahui, RDMP diproyeksikan akan mendongkrak kapasitas pengolahan minyak mentah dari posisi saat ini sekitar 820.000 barel per hari (bph) menjadi 1,68 juta bph atau dua kali lipat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina kilang rdmp
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top