Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Negara Teluk Jadi Sasaran Ekspor Baru Produk Mamin RI

Negara-negara teluk dibidik sebagai pangsa pasar barubagi produk makanan olahan Indonesia. Pasalnya, potensi pasar pangan olahan di kawasan tersebut diprediksi mencapai 49,1 juta ton pada 2017, tumbuh 3,1% per tahunnya.nn
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 30 November 2014  |  18:05 WIB
Negara Teluk Jadi Sasaran Ekspor Baru Produk Mamin RI

Bisnis.com, JAKARTA—Negara-negara teluk dibidik sebagai pangsa pasar barubagi produk makanan olahan Indonesia. Pasalnya, potensi pasar pangan olahan di kawasan tersebut diprediksi mencapai 49,1 juta ton pada 2017, tumbuh 3,1% per tahunnya.

“Uni Emirat Arab merupakan hub ekspor bagi negara-negara sekitar yang membutuhkan berbagai macam produk. Sementara itu, ekspor makanan olahan kita ke sana pada 2013 baru 17.886 ton dengan nilai US$50,35 juta,” kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Nus Nuzulia Ishak baru-baru ini.

UEA menduduki posisi ke-19 sebagai negara tujuan utama ekspor produk makanan olahan RI. Dalam 5 tahun terakhir, nilai ekspornya tumbuh positif 9,23%. Pada Januari-Agustus 2014 nilai ekspor makanan olaha RI ke UAE mencapai US$35,29 juta tumbuh 9,62% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Adapun, produk pangan olahan Indonesia yang akan ditonjolkan ke negara-negara teluk adalah buah dan sayur, daging dan unggas, teh, kopi, minuman dan makanan ringan, produk organik, makanan laut, produk kesehatan, dan suplemen makanan.

Menurut Nus, besarnya potensi negara-negara teluk dipicu oleh kenaikan pendapatan per kapita dan meledaknya tren industri pariwisatan. “Diharapkan ini membuka peluang untuk transaksi jangka panjang, sehingga kita dapat meningkatkan ekspor nonmigas ke sana.” (Bisnis/wdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timur tengah industri mamin kinerja ekspor
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top