Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Negara Teluk Jadi Sasaran Ekspor Baru Produk Mamin RI

Negara-negara teluk dibidik sebagai pangsa pasar barubagi produk makanan olahan Indonesia. Pasalnya, potensi pasar pangan olahan di kawasan tersebut diprediksi mencapai 49,1 juta ton pada 2017, tumbuh 3,1% per tahunnya.nn

Bisnis.com, JAKARTA—Negara-negara teluk dibidik sebagai pangsa pasar barubagi produk makanan olahan Indonesia. Pasalnya, potensi pasar pangan olahan di kawasan tersebut diprediksi mencapai 49,1 juta ton pada 2017, tumbuh 3,1% per tahunnya.

“Uni Emirat Arab merupakan hub ekspor bagi negara-negara sekitar yang membutuhkan berbagai macam produk. Sementara itu, ekspor makanan olahan kita ke sana pada 2013 baru 17.886 ton dengan nilai US$50,35 juta,” kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Nus Nuzulia Ishak baru-baru ini.

UEA menduduki posisi ke-19 sebagai negara tujuan utama ekspor produk makanan olahan RI. Dalam 5 tahun terakhir, nilai ekspornya tumbuh positif 9,23%. Pada Januari-Agustus 2014 nilai ekspor makanan olaha RI ke UAE mencapai US$35,29 juta tumbuh 9,62% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Adapun, produk pangan olahan Indonesia yang akan ditonjolkan ke negara-negara teluk adalah buah dan sayur, daging dan unggas, teh, kopi, minuman dan makanan ringan, produk organik, makanan laut, produk kesehatan, dan suplemen makanan.

Menurut Nus, besarnya potensi negara-negara teluk dipicu oleh kenaikan pendapatan per kapita dan meledaknya tren industri pariwisatan. “Diharapkan ini membuka peluang untuk transaksi jangka panjang, sehingga kita dapat meningkatkan ekspor nonmigas ke sana.” (Bisnis/wdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper