Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Amien Sunaryadi Jadi Kepala SKK Migas? Begini Komentar Anggota DPR

Penunjukkan mantan Wakil Ketua KPK Amien Sunaryadi sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dinilai tepat dalam upaya pemberantasan mafia migas.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 19 November 2014  |  10:47 WIB
Amien Sunaryadi.  -  facebook
Amien Sunaryadi. - facebook

Bisnis.com, JAKARTA— Santer beredar kabar mengenai penunjukan mantan Wakil Ketua KPK Amien Sunaryadi sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Anggota DPR dinilai tepat dalam upaya pemberantasan mafia migas.

Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan sosok Amien dinilai berpengalaman dalam hal penyelidikan atas sejumlah kasus korupsi karena posisinya sebagai pimpinan pada lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain itu, Amien tentunya juga sangat paham bagaimana cara memberantas permainan hanky-pangky (sikut-sikutan) di tubuh pelaksana kegiatan usaha migas tersebut mulai dari hulu hingga hilir, ujarnya.

“Kehadiran Amien di SKK Migas akan membuat kewaspadaan yang tinggi bagai anak buahnya di tubuh SKK Migas untuk tidak korupsi karena Amien sangat paham dalam memberantas korupsi,” ujarnya ketika dihubungi, Rabu (19/11/2014).

Bambang menilai pemberantasan mafia migas merupakan langkah strategis yang harus dilakukan Amien di sektor migas mengingat sepak terjang mereka  yang kuat di segala bidang, termasuk di bidang politik. Bambang menyatakan para mafia migas juga ikut mengambil peran pada saat pelaksanaan pemilihan presiden.

Selain nama Amien, nama lainnya seperti Deputi Pengendalian Perencanaan SKK Migas Aussie B. Gautama juga santer disebut-sebut akan menduduki jabatan yang sebelumnya dipegang oleh Rudi Rubiandini tersebut.

Sebelumnya, Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Sektor Migas Faisal Basri menyambut baik penunjukkan Amien yang dinilainya memiliki pendirian teguh dan tidak mengenal kompromi. Amien juga dikenal perhatian dengan pembenahan sistem birokrasi.

Amien Sunaryadi merupakan mantan wakil ketua KPK periode 2003-2007 yang proses seleksinya ditentukan di Komisi III DPR. Sebelum menjabat sebagai Wakil Ketua KPK, Amien adalah mantan Kepala Sub Direktorat Pengawasan Khusus Kelancaran Pembangunan pada Deputi Bidang Pengawasan Khusus Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Posisi Kepala SKK Migas dibiarkan kosong sejak ditinggalkan oleh Rudi Rubiandini yang ditangkap KPK dalam perkara suap. Untuk mengisi kekosongan itu, Johannes Widjanarko ditunjuk sebagai pelaksana tugas hingga dilantik Kepala SKK Migas yang baru.


Baca juga
Amien Sunaryadi Dilantik Jadi Kepala SKK Migas Siang Ini?

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpk bp migas
Editor : Setyardi Widodo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top