Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL CILINCING-CIBITUNG: Pembebasan Lahan Butuh Rp4 Triliun

Diperkirakan dibutuhkan dana sekitar Rp4 triliun untuk membebaskan lahan demi pembangunan ruas tol Cilincing-Cibitung
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Pembangunan ruas tol Cilincing-Cibitung membutuhkan biaya pembebasan lahan yang tidak sedikit.

Direktur Bina Teknik Direktorat Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (PU-Pera) Subagyo memperkirakan pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp4 triliun untuk membebaskan lahan demi pembangunan ruas tol Cilincing-Cibitung.

"Kenaikan harga tanah di sana sangat tinggi luar biasa. Tadinya Badan Layanan Umum (BLU) kami memperkirakan sekitar Rp288 miliar. Tapi sekarang perkiraan kami untuk membebaskan lahan tersebut membutuhkan lebih dari Rp4 triliun," kata Subagyo di Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Diakuinya, ruas jalan tol sepanjang 33,6 kilometer itu memang menjadi salah satu titik tersulit yang pernah dihadapi kementerian tersebut dalam proses pengadaan tanah.

Pihaknya, tambah Subagyo, bahkan berniat untuk meminta pertimbangan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) atas kenaikan harga lahan yang luar biasa itu.

"Mungkin habis dari sini kami mau minta fatwa BPKP, tanyakan itu wajar atau tidak," katanya.

Lebih lanjut, Subagyo menjelaskan ada sejumlah alternatif untuk membebaskan lahan jalan tol yakni dengan menggunakan dana talangan pembebasan lahan melalui BLU.

Setelah dana BLU habis, maka bisa digunakan land capping (kenaikan biaya pengadaan tanah) sesuai dengan nilai yang sudah ditetapkan.

Kemudian, saat BLU sudah habis dan land caping mencapai angka tertentu, maka proyek itu akan ditawarkan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang bersangkutan.

"Apabila meneruskan, maka BUJT harus menambah kekurangan uang untuk pembebasan lahan. Apabila BUJT sanggup, maka bisa berjalan. Kalau tidak, proyeknya berhenti sesuai aturan tertulis dalam bpjt."

Jalan tol Cilincing-Cibitung terdiri dari empat sesi, yaitu Cibitung-Tegal Asih, Tegal Asih-Tembalang, Tembalang-Tarumanegara, Tarumanegara-Cilincing.

Jalan tol ini dibangun sebagai langkah efisiensi agar angkutan barang dari pusat industri bisa langsung menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper