Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Comal: Sisi Utara Ditargetkan Pulih Akhir Tahun

Pemerintah menargetkan proses perbaikan permanen pada sisi Utara Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah bisa dirampungkan pada akhir tahun ini.
 Jembatan Comal (tanda =) dilihat dari Peta Mudik GIS Kemenhub
Jembatan Comal (tanda =) dilihat dari Peta Mudik GIS Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah menargetkan proses perbaikan permanen  pada sisi Utara Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah bisa dirampungkan pada akhir tahun ini.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Hedy Rahadian menyatakan pihaknya telah melakukan penutupan pada sisi utara jembatan Comal sehubungan dengan segera dilakukannya pembongkaran pondasi jembatan.

“Berkenaan dengan pembongkaran pondasi jembatan di Comal B atau sisi utara, kami sudah menyerahkan pada pihak Kepolisian untuk dilakukan penutupan karena mereka yang berwenang,” tutur Hedy.

Hedy menjelaskan, pembongkaran pondasi jembatan akan dilaksanakan selama satu bulan, sementara untuk pemasangan jembatan juga dibutuhkan waktu satu bulan.

“Jembatan yang nanti dipasang adalah menggunakan jembatan lama, karena memang yang bermasalah terdapat pada pondasinya saja, sedangkan jembatannya masih dapat digunakan,” tambah Hedy.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Djoko Murjanto menyatakan bahwa pengerjaan pada sisi utara jembatan sudah mulai dikerjakan.

"Pengerjaan yang sedang dilakukan saat ini adalah pembetonan pada oprit jembatan," kata Djoko, Selasa (22/10).

Menurutnya, proses pengerjaan ditargetkan rampung dalam waktu 2 bulan. Namun, dia mengatakan proses pengerjaan bisa saja lebih diselesaikan lebih awal dari jadwal yang ditargetkan sebeumnya, karena bergantung dengan kondisi cuaca.

Mengenai total anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk perbaikan permanen jembatan. Djoko mengaku pihaknya belum memperhitungkannya karena proyek tersebut bersifat darurat.

"Anggarannya belum teralokasi, tetapi namti total pengeluarannya baru bisa diketahui setelah perbaikan jembatan selesai dilakukan," ujarnya.

Menurutnya, setelah mengalami perbaikan permanen, ketahanan pada Jembatan Comal diprediksi bisa mencapai 50-100 tahun.

Perbaikan permanen jembatan Comal dilakukan setelah jembatan tersebut amblas pada Agustus. Pada tahap awal pengerjaan pemerintah melakukan perbaikan permanen terlebih dulu pada sisi selatan jembatan.

Seperti diketahui, pemerintah secara resmi telah menyelesaikan perbaikan pada sisi selatan jembatan comal dan telah beroperasi pada awal Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper