Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Premium di Daerah Penyangga Jakarta Kian Prospektif

Rumah premium dengan kisaran Rp1 miliar hingga Rp5 miliar menjadi rising star atau tren baru yang dicari di daerah penyangga Jakarta seperti Bekasi, Bogor dan Sentul.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BEKASI - Rumah premium dengan kisaran Rp1 miliar hingga Rp5 miliar menjadi rising star atau tren baru yang dicari di daerah penyangga Jakarta seperti Bekasi, Bogor, dan Sentul.

Pencarian rumah berlantai dua dengan konsep townhouse tersebut diprediksi akan berlanjut hingga tahun depan.

Salah satu pengembang yang menjual produk premiumnya di daerah penyangga Jakarta PT Anugerah Citra Sejahtera siap mengoperasikan dua proyek dan membangun empat proyek baru pada tahun depan.

Dua proyek yang akan dioperasikan awal tahun depan adalah de'minimalist Sentul Resort Townhouse dan de'minimalist Jatiwarna Townhouse. Untuk satu unit rumah di Sentul dipatok dengan harga Rp1 miliar per unit, sedangkan rumah di Jatiwarna, Bekasi dibanderol Rp Rp1,3-Rp4 miliar per unit.

CEO PT Anugerah Citra Sejahtera Benlis Butar Butar mengatakan penjualan rumah premium di kawasan Bekasi, Sentul dan Bogor masih dominan melebihi rumah skala sedang bernilai Rp300 juta-Rp600 juta per unit.

Hal ini disebabkan banyaknya pengusaha yang bertempat kerja di kawasan industri di daerah penyangga yang mencari hunian premium.

Dia mengatakan perusahaan percaya diri untuk konsisten di kelas premium karena masih belum banyak pengembang yang bermain di segmen tersebut di daerah penyangga. Mayoritas pengembang membangun kluster skala sederhana.

"Persaingan di rumah sederhana sangat ketat, sudah banyak pengembang yang menyasar kelas tersebut [sederhana]. Kami mencoba fokus pada kelas premium dan konsisten," katanya saat konferensi pers di Bekasi, Rabu (15/10/2014).

Untuk tahun depan, lanjutnya, perusahaan akan meluncurkan kawasan terpadu di Cibinong, Bogor dan townhouse di Jatiwarna, Bekasi. Selain itu, pihaknya juga akan berkespansi di Rawamangun, Jakarta Timur dan Pondok Labu, Jakarta Selatan dengan menyasar segmen serupa.

Total investasi keempat proyek di atas mencapai Rp394 miliar dengan target masa pembangunan selama 2 tahun.

"Jika sudah menyasar area Jakarta, seperti contoh di Golf Terrace, Rawamangun, satu unit rumah kami jual Rp6 miliar per unit," katanya.

Pada tahun depan, dia menargetkan perusahaan mampu meraih target penjualan Rp250 miliar. Jumlah ini diklaim meningkat 3 kali lipat dari target tahun ini senilai Rp70 miliar yang mana hingga kuartal III/2014 telah tercapai Rp50 miliar.

"Kami berani mematok target penjualan 3 kali lipat daripada tahun lalu karena proyek yang kami garap juga semakin banyak," ujarnya.

Untuk memompa pendapatan pada tahun depan, Anugerah Citra Sejahtera juga mengembangkan usahanya ke agen broker properti di 20 kota di Indonesia. Kota yang disasar antara lain Jabodetabek, Surabaya, Medan, Makassar dan Balikpapan untuk segmen rumah menengah ke atas.

Sebelumnya, ketua DPD Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia DKI Jakarta Amran Nukman telah memprediksikan hunian premium sedang berjaya di tahun ini. Tren tersebut masih akan berlanjut hingga tahun depan.

Dia mengatakan tren properti residensial kelas premium dengan kisaran harga Rp5 miliar per unit selalu diborong pembeli. Hal ini bertolak belakang dengan residensial seharga Rp300 juta-Rp600 juta yang sepi peminat.

"Tren hunian premium yang laku keras kemungkinan masih berlangsung di tahun depan," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper