Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PU dan DKI Mulai Realisasikan Megaproyek Pesisir Jakarta

Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan groundbreaking megaproyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau Pengembangan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara (PTPIN), Kamis (9/10/2014).
Giant Sea Wall Jakarta/Ilustrasi
Giant Sea Wall Jakarta/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan groundbreaking megaproyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau Pengembangan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara (PTPIN), Kamis (9/10/2014).

Groundbreaking tahap A ini dilakukan pemancangan tiang baja setinggi 75 meter dengan lebar 13,7 meter. Program NCICD ini memiliki 3 tahap, yakni tahap A pembangunan tanggul pantai dan sungai serta membangun garis pantai.

Untuk tahap B akan dilakukan membangun tanggul laut sebelah barat, pembangunan infrastruktur, kolam air tawar, membangun konektivitas reklamasi, dan memperbaiki lingkungan yang rusak.

Pengembangan tanggul laut sebelah timur  dan membangun zona ekonomi menjadi rencana pada tahap C.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak mengatakan kegiatan awal proyek NCICD ini akan dilakukan pembuatan tanggul baru sepanjang 32 kilometer (km), revitalisasi waduk dan pompa serta peningkatan kapasitas sungai.

"Desain pembangunan tanggul ini sudah disesuaikan dengan tinggi gelombang 1.000 tahun, tinggi elevasi mercu tanggul yang harus mampu mengatasi problem kenaikan muka air laut dan penurunan tanah hingga 2030," ujarnya dalam  sambutan groundbreaking proyek NCICD di sisi timur Waduk Pluit, Kamis (9/10/2014).

Kegiatan penguatan tanggul laut ini dapat menambah pasokan debit air minum ke Jakarta sebesar 5 meter kubik per detik dan pemulihan air tanah dalam yang kerap kali diambil oleh masyarakat.

"Nantinya debit air ini akan ditingkatkan menjadi 10 meter kubik per detik yang diambil dari saluran Tarum Barat," ucapnya.

Hermanto berharap proyek NCICD didukung oleh Pemprov DKI, Jawa Barat, Banten, pemerintah kabupaten Tangerang dan Bekasi sehingga dapat selesai.

Kementerian PU, lanjutnya, mulai melaksanakan investigasi karakteristik geologi teknik dan permodelan land subsidence serta melaksanakan pengukuran bathimetri perairan Teluk Jakarta dan permodelan respon morfologi pantai. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

"Kami juga melakukan kajian penataan ruang dengan prinsip building with nature by integrating land in the sea and water in the old and new lands," katanya.

Dia menambahkan penyusunan master plan dan master project NCICD telah selesai. Dia meminta agar tim proyek ini tetap konsisten untuk menyelesaikan proyek NCICD.

"Perjalanan program NCICD masih panjang karena saat ini yang diutamakan adalah pembuatan tanggul. Ini harus konsisten agar investor dalam negeri dan asing tertarik untuk investasi di NCICD," tutur Hermanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper