Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikut Pameran Kopi di Moskow, Kopi RI Tembus Pasar Rusia

Berpartisipasi dalam acara pameran internasional yang bertajuk Expo Moscow Coffee and Tea (MCTE) di Moskow yang digelar sepanjang 23-26 September lalu , kopi Indonesia berhasil memasuki pasar Rusia.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, MOSKOW - Berpartisipasi dalam acara pameran internasional yang bertajuk Expo Moscow Coffee and Tea (MCTE) di Moskow yang digelar sepanjang 23-26 September lalu , kopi Indonesia berhasil memasuki pasar Rusia.

Produk kopi asal Indonesia tersebut adalah kopi torabika yang diproduksi oleh PT Mayora dan saat ini sudah membuka cabangnya di Moskow.

“Partisipasi produk Indonesia dalam pameran tersebut mendapat respons positif oleh masyarat Rusia di Moskow,” kata Atase Perdagangan RI di Rusia Heryono Hadi Prasetyo ditemui di Moskow, Minggu (28/9/2014).

Selain PT Mayora, Kementerian Pertanian Republik Indonesia juga turut serta hadir sebagai salah satu perwakilan asosiasi petani dari seluruh dunia.

Heryono mengatakan Rusia saat ini merupakan pasar yang potensial karena selain memiliki perekonomian yang stabil, juga memiliki populasi penduduk yang besar sekitar 147 juta jiwa.

Adapun, sejumlah kebutuhannya yang tidak mencukupi diproduksi oleh industri dalam negeri masih bergantung pada impor, khususya produk kopi.

“Untuk itu Indonesia diharapkan dapat memanfaatkan peluang ini untuk masuk ke dalam pasar Rusia,” jelasnya.

MCTE 2014 merupakan pameran terbesar berskala internasional di Rusia yang menampilkan berbagai produk kopi, teh, dan sejumlah layanan ataupun perlengkapan kedai kopi lainnya. Menariknya, dalam ekspo tahunan yang sudah berjalan selama 16 tahun ini pengunjung bisa merasakan berbagai aroma hawa kopi.

MCTE memiliki jangkauan internasional dengan perusahaan yang menghasilkan bermacam-macam jenis kopi dan teh dari Brazil, Ethiopia, Vietnam, dan Italia.

Pada tahun ini MCTE menampilkan 100 acara dalam 6 tahap. Misalnya workshop dan seminar yang dihadiri oleh 50 para ahli dan pakar dalam bidang industry kopi dan teh internasional. Di samping itu , MCTE menjadi tuan rumah kejuaaraan yaitu : Moscow National Round of World Barista Championship, Russian Coffee Roasting Championship, Russian Alternative Cup Tasting Championship, Grind and Brew, dan Profile Challenge Championship. Hadir juga dalam acara itu, Björk Grant untuk menjadi juri kehormatan yang sebelumnya berpartisipasi dalam acara World Barista Championship.

Acara tersebut juga menampilkan pemain industri terbesar yang bentuk aspek mesin kopi dan penggilingannya, penggorengan kopi (roasters), dan perlengkapan lainnya seperti bentuk metode alternative minuman, alat pengemasan, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Winda Rahmawati
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper