Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI GALANGAN KAPAL: Lokal Kalah Cepat Memproduksi Kapal

Kementerian Perindustrian menilai jangka waktu produksi kapal oleh galangan domestik merupakan salah satu penghambat pertumbuhan produksi kapal.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian menilai jangka waktu produksi kapal oleh galangan domestik merupakan salah satu penghambat pertumbuhan produksi kapal.

Industri galangan kapal di dalam negeri butuh sekitar satu tahun untuk menyelesaikan pembuatan satu unit kapal. Tempo ini relatif lebih lama dibandingkan dengan galangan di luar negeri, seperti China yang bisa menuntaskan produksi dalam lima bulan.

Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Darmadi mengatakan hal tersebut menjadi pertimbangan konsumen lebih memilih impor. Apalagi kalau pengadaan armada kapal dibutuhkan dalam waktu cepat.

“[Misalnya PT ASDP memilih impor] mungkin karena butuh lebih cepat. Galangan di luar negeri sudah siapkan stok setengah jadi. Jadi begitu ada pesanan hanya butuh sekitar lima bulan,” tuturnya, di Jakarta, Jumat (8/8/2014).

Jika dilihat dari segi daya saing, Kemenperin yakin kapal buatan dalam negeri tak kalah kompetitif baik dari kualitas maupun harga. Namun produsen kapal domestik tetap kesulitan menyaingi industri galangan luar negeri karena terkendala modal.

Dukungan permodalan dari perbankan di dalam negeri kepada galangan kapal dirasa minim. Padahal di luar negeri kalangan perbankan berani ikut mengambil resiko. Oleh karena itu produsen kapal di China misalnya, bisa sekalian menyertakan fasilitas pendanaan kepada konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper