Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Potensi Pasar UMKM di Indonesia

Kalangan perbankan Indonesia kini tengah ramai menggarap pasar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengingat potensinya yang menggiurkan.

Bisnis.com, JAKARTA — Kalangan perbankan Indonesia kini tengah ramai menggarap pasar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengingat potensinya yang menggiurkan.

Salah satu bank yang telah berkecimpung di sektor usaha kecil dan menengah yaitu PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Director Micro Business Banking dan Consumer Mass Market Bank Danamon Khoe Minhari Handikusuma mengatakan berdasarkan data dari Kementrian UMKM tahun 2013, ada sekitar 56,5 juta unit usaha ini di seluruh Indonesia.

“Ada 48.997 usaha menengah, 629.418 usaha kecil, dan 55,8 juta unit usaha mikro,” ujarnya pada acara Seminar Nasional Strategi dan Tantangan Edukasi Keuangan bagi Ibu Rumah Tangga dan UMKM di Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Adapun, Khoe menjelaskan usaha yang dikategorikan menengah yaitu dengan hasil penjualan pertahunnya antara Rp2,5 miliar hingga Rp50 miliar. Kategori usaha kecil yaitu dengan hasil penjualan antara Rp300 juta hingga Rp2,5 miliar. Sementara, kategori mikro yaitu untuk usaha dengan hasil penjualan kurang dari Rp300 juta tiap tahunnya.

Khoe menuturkan keseluruhan UMKM tersebut menyumbang 57,94% produk domestik bruto (PDB) atau senilai Rp4.303 triliun. Sementara itu, kelompok usaha ini mampu menyerap hingga 110,8 juta tenaga kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper