Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TANAM CENGKIH, Kabupaten Kolaka Siapkan Perluasan Lahan 1.000 Ha

Pemerintah Kabupaten Kolaka,Sulawesi Tenggara, akan menyiapkan 1.000 hektar lahan untuk ditanami bibit cengkih guna meningkatkan kesejahteraan petani di daerah itu.
Hasil cengkih serta tanaman perkebunan lainnya cukup menjanjikan bagi petani /Bisnis
Hasil cengkih serta tanaman perkebunan lainnya cukup menjanjikan bagi petani /Bisnis

Bisnis.com, KOLAKA - Pemerintah Kabupaten Kolaka,Sulawesi Tenggara, akan menyiapkan 1.000 hektar lahan untuk ditanami bibit cengkih guna meningkatkan kesejahteraan petani di daerah itu.

Bupati Kolaka Ahmad Safei mengatakan Pemkab akan mengembangkan tanaman cengkih selain tanaman kakao karena struktur tanah yang cocok dengan tanaman itu.

"Tidak semua wilayah yang ada di Indonesia bisa ditanami pohon cengkih dan Kolaka adalah salah satunya," katanya di Kolaka, Kamis (12/6/2014).

Menurut dia, persiapan lahan itu dilakukan di beberapa wilayah apalagi saat ini dengan adanya program hutan kemasyarakatan dan hutan tanaman rakyat dari kementerian kehutanan.

"Lokasi itu bisa ditanami cengkih selain ditanami tanaman kayu keras jika memang dimungkinkan," ungkap Safei, sembari menambahkan dengan catatan lokasi yang dibuka itu milik petani.

Untuk itu, meminta kepada dinas kehutanan untuk melakukan survey lokasi bekerja sama dengan dinas perkebunan dan tahun ini program itu sudah bisa dilaksanakan.

"Pemerintah akan mensubsidi dengan menyiapkan bibit cengkih, pupuk serta biaya pemeliharaan sekitar Rp1 juta per hektar agar para petani bisa setiap hari melakukan pengawasan terhadap tanaman itu," jelas Safei.

Karena selama ini, lanjutnya, hasil cengkih serta tanaman perkebunan lainnya cukup menjanjikan bagi petani sehingga pihak Pemerintah berupaya memajukan kesejahteraan petani cengkih.

Selain itu, pemerintah juga akan menyiapkan lahan untuk tanaman kedelai yang juga mempunyai prospek yang sangat besar seperti di daerah Watubangga dan Tanggetada.

"Di dua kecamatan ini hasil panen kedelai yang dilakukan oleh petani setempat sangat sukses karena bisa mencapai sekitar 5 ton per sekali panen," katanya.

Safei menginginkan tahun depan program ini sudah bisa berjalan dengan menanam tanaman cengkih baru 1.000 hektar karena selain kakao, tanaman ini juga bisa jadi primadona bagi Kabupaten Kolaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper