Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kode HS Rumput Laut Perlu Disempurnakan

Penyempurnaan Harmonized System (HS) Code untuk rumput laut dan turunannya dinilai perlu karena banyak dan spesifiknya produk yang dihasilkan, selain untuk menyokong industrialisasi rumput laut.
Rumput laut/
Rumput laut/

Bisnis.com, JAKARTA—Penyempurnaan Harmonized System (HS) Code untuk rumput laut dan turunannya dinilai perlu karena banyak dan spesifiknya produk yang dihasilkan. Selain itu, hal tersebut penting untuk menyokong industrialisasi rumput laut.

Saut P. Hutagalung, Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), mengatakan pemerintah perlu melihat penyempurnaan kode HS rumput laut dan turunannya dalam konteks perkembangan industrialisasi rumput laut yang dikaitkan dengan bisnis berbagai produk turunannya.

“Dalam kaitan ini, kami sependapat dengan usulan penyempurnaan kode HS ini. Ada beberapa hal yang penting kita lakukan,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (8/5/2014).

Pertama, lanjut Saut, adalah percepatan industrialisasi yang akan menghasilkan berbagai produk. Kedua, penguatan regulasi yang dapat memfasilitasi berkembangnya bisnis dengan lebih baik.

“Oleh karena itu, peran asosiasi yang berkomitmen dan efektif mendorong industrialisasi rumput laut sangat penting,” ucapnya.

Dia mencontohkan, terbentuknya Asosiasi Industri Rumput Laut (Astruli) misalnya, di sambut pihaknya dengan baik. Saut memiliki harapan, tumbuhnya komitmen dari pengusaha akan mempercepat industrialisasi.

Sebelumnya, Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) mengsulkan pada pemerintah untuk menyempurnakan HS Code rumput laut dan produk turunannya menjadi lebih spesifik karena perbedaan produk yang dihasilkan dan beragamnya jenis rumput laut yang diekspor Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Giras Pasopati
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper