Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TOL MEDAN-KUALA NAMU: Hanya Sisakan 1 Penawar, BPJT Lapor ke Menteri PU

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan mengirim surat kepada Menteri Pekerjaan Umum terkait dengan tender tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi.n
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 25 April 2014  |  15:19 WIB
 Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan mengirim surat kepada Menteri Pekerjaan Umum terkait dengan tender tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi.

Kepala BPJT Achmad Gani Ghazaly mengatakan surat tersebut berisi laporan proses jalannya tender tol karena hanya menyisakan satu penawar.

"Rencananya kita mau kirimkan Senin," katanya Jumat (25/4/2014).

Gani menjelaskan, sesuai dengan Permen Menteri PU, jika hanya ada satu peserta yang memasukkan dokumen penawaran, maka ada dua opsi yang ditempuh.

Pertama, negosiasi langsung dengan peserta, atau tender ulang. Namun, jika opsi kedua yang ditempuh, maka proses akan diulang dari pra kualifikasi.

"Untuk kasus-kasus seperti ini biasanya Pak Menteri setuju untuk negosiasi, karena kan memang mendesak," ujar Gani.

Konsorsium PT Jasa Marga Tbk., PT Waskita Karya Tbk., PT Hutama Karya, dan PT Pembangunan Perumahan Tbk. menjadi satu-satunya konsorsium yang memasukkan dokumen penawaran  tender proyek jalan tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi.

Dengan demikian, Konsorsium PT Nusantara Infrastructure Tbk., Kookmin Bank, Woori Bank, Korea Exchange Bank, Posco Engineering and Construction Co. Ltd, Lotte Engineering and Conctruction Co. Ltd; PT Bangun Tjipta Sarana, Konsorsium Shapoorji Pallonji Roads Private Limited, PT Praba Indopersada gugur dari lelang.

Seperti yang diketahui, tol Medan-Kuala Namu-Bukit Tinggi separuhnya dikerjakan oleh pemerintah dan sisanya akan ditenderkan kepada para investor.

Adapun ruas yang dikerjakan oleh pemerintah yakni Medan-Kualanamu menggunakan loan China 90% dan APBN 10% sepanjang 17,8 km, sedangkan sisanya Kuala Namu-Tebing Tinggi sepanjang 44 km akan dibangun oleh pemenang tender.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jalan tol medan-kualanamu-tebing tinggi
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top