Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PU Tingkatkan Infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus

Kementerian Pekerjaan Umum akan meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di tiga daerah yang diusulkan masuk Kawasan Ekonomi Khusus yaitu Mandalika di Lombok, Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan, dan Morotai di Maluku Utara.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 21 April 2014  |  20:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Pekerjaan Umum meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di tiga daerah yang diusulkan masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yaitu Mandalika di Lombok, Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan, dan Morotai di Maluku Utara.

Menurut Wakil Menteri Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak, peningkatan kualitas tersebut diharapkan mempercepat akses di kawasan itu agar dapat menarik minat wisatawan untuk datang.

“Kementerian PU mengawali infrastruktur untuk jalan raya, nantinya banyak pembangunan disana tidak hanya kami saja,” ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (21/4).

Di Mandalika, pemerintah telah membangun jalan untuk ruas Mataram-Pelabuhan Udara Mandalika-Kuta. 

Pemerintahjuga telah membangun dua jembatan di ruas jalan tersebut dan direncanakan satu jembatan akan dibangun di Tanjung Regit serta sistem penyediaan air minum (SPAM) sebagai sumber air bersih.

Total dana untuk pembangunan infrastruktur itu diperkirakan mencapai Rp210 miliar.

Untuk Morotai, Maluku Utara, pemerintah menyiapkan dana senilai Rp 378 miliar yang akan digunakan sebagai peningkatan kualitas jalan lingkar sepanjang 220 km.

Sementara untuk KEK Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan, Hermanto menegaskan, akan ada infrastruktur jalan tol Palembang-Indralaya.

Saat ini dalam proses pembebasan lahan. Namun, tidak dijelaskan berapa dana yang khusus disiapkan untuk pengembangan KEK ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kek kawasan ekonomi khusus
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top