Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PU Tingkatkan Infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus

Kementerian Pekerjaan Umum akan meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di tiga daerah yang diusulkan masuk Kawasan Ekonomi Khusus yaitu Mandalika di Lombok, Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan, dan Morotai di Maluku Utara.

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Pekerjaan Umum meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di tiga daerah yang diusulkan masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yaitu Mandalika di Lombok, Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan, dan Morotai di Maluku Utara.

Menurut Wakil Menteri Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak, peningkatan kualitas tersebut diharapkan mempercepat akses di kawasan itu agar dapat menarik minat wisatawan untuk datang.

“Kementerian PU mengawali infrastruktur untuk jalan raya, nantinya banyak pembangunan disana tidak hanya kami saja,” ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (21/4).

Di Mandalika, pemerintah telah membangun jalan untuk ruas Mataram-Pelabuhan Udara Mandalika-Kuta. 

Pemerintahjuga telah membangun dua jembatan di ruas jalan tersebut dan direncanakan satu jembatan akan dibangun di Tanjung Regit serta sistem penyediaan air minum (SPAM) sebagai sumber air bersih.

Total dana untuk pembangunan infrastruktur itu diperkirakan mencapai Rp210 miliar.

Untuk Morotai, Maluku Utara, pemerintah menyiapkan dana senilai Rp 378 miliar yang akan digunakan sebagai peningkatan kualitas jalan lingkar sepanjang 220 km.

Sementara untuk KEK Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan, Hermanto menegaskan, akan ada infrastruktur jalan tol Palembang-Indralaya.

Saat ini dalam proses pembebasan lahan. Namun, tidak dijelaskan berapa dana yang khusus disiapkan untuk pengembangan KEK ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper