Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Industri Petrokimia Rendah, Sulit Topang Ekonomi

Ketua Umum Asosiasi Industri Aromatik, Olefin, dan Plastik (Inaplas) Amir Sambodo mengatakan pertumbuhan industri petrokimia saat ini masih minim yakni hanya 6,5%.

Bisnis.com, JAKARTA- Ketua Umum Asosiasi Industri Aromatik, Olefin, dan Plastik (Inaplas) Amir Sambodo mengatakan pertumbuhan industri petrokimia saat ini masih minim yakni hanya 6,5%.

Seharusnya, menurut dia, pertumbuhan industri petrokimia minimal 3% di atas pertumbuhan ekonomi. Pada 2013, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,7%, sementara pertumbuhan industri petrokimia hanya 6,5%.

”Dulu itu, pertumbuhan industri petrokimia bisa mencapai 12%,” kata Amir di sela-sela acara Konferensi Nasional Inaplas di Jakarta, Selasa (11/3/2014).

Dengan perputaran bisnis yang mencapai US$8 miliar-US$12 miliar, margin atau keuntungan industri petrokimia secara rata-rata mencapai 10%-12%.

Menurutnya, keuntungan industri petrokimia hilir masih bisa mencapai 20%, sedangkan industri hulu masih di bawah industri hilir.

Direktur Industri Kimia Dasar Kementerian Perindustrian M. Khayam mengatakan pemerintah fokus untuk menyelesaikan masalah defisit impor petrokimia.

Berdasarkan data Kemenperin, sepanjang 2013, impor petrokimia (seluruh kelompok petrokimia) Indonesia mencapai US$16 miliar, sedangkan ekspor US$6 miliar.

Dengan demikian ada defisit hingga US$10 miliar. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, angka ini menunjukkan kenaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Riendy Astria
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper