Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Tambah 6 SPBG di Jakarta dan Semarang

Pemerintah akan menambah enam stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) yang dibiayai APBN 2014. Empat SPBG akan dibangun di Semarang dan dua SPBG lainnya di Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah akan menambah enam stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) yang dibiayai APBN 2014. Empat SPBG akan dibangun di Semarang, Jawa Tengah, dan dua SPBG lainnya di Jakarta.

Edy Hermantoro, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, mengatakan enam SPBG tersebut merupakan kelanjutan dari program tahunan pemerintah untuk menumbuhkan pasar pengguna bahan bakar gas (BBG). Tahun lalu, pemerintah merealisasikan pembangunan tiga SPBG yang dibiayai APBN.

“SPBG itu nantinya terkoneksi dengan pipa gas yang ada, dan lokasinya disesuaikan dengan pipa yang telah dibangun pemerintah,” katanya di Jakarta, Selasa (4/3/2014).

Edy menuturkan dua SPBG yang dibangun di Jakarta akan mendapat pasokan gas dari Blok Offshore North West Java yang dikembangkan Pertamina Hulu Energy Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Sementara itu, empat SPBG di Semarang akan mendapat gas dari Lapangan Gundih yang dikelola Pertamina EP dengan volume mencapai 5 juta standar kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/MMscfd).

Volume yang akan dialokasikan pemerintah untuk SPBG memang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat penyerapannya di masyarakat.

“Alokasi dari pemerintah sudah ada, nanti SPBG tinggal melakukan PJBG [perjanjian jual beli gas] dengan pengelola blok migas itu,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah memperkirakan akhir tahun ini akan ada 69 unit SPBG yang beroperasi, termasuk yang dibangun PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper