Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prospek Pariwisata Nasional Pikat Investor

Prospek industri pariwisata pada tahun ini diperkirakan akan tetap menarik bagi para investor, seiring kunjungan wisatawan domestik dan internasional yang diproyeksi masing-masing mencapai 251 juta dan 9,5 juta
 Sektor pariwisata diminati investor/Bisnis-Dedi Gunawan
Sektor pariwisata diminati investor/Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Prospek industri pariwisata pada tahun ini diperkirakan akan tetap menarik bagi para investor, seiring kunjungan wisatawan domestik dan internasional yang diproyeksi masing-masing mencapai 251 juta dan 9,5 juta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menuturkan tingginya potensi perjalanan wisata para turis tersebut membuat investasi di sektor pariwisata begitu diminati oleh para investor.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2012, investasi di sektor pariwisata baik hotel, restoran, taman rekreasi dan hiburan mencapai US$869,8 juta meningkat lebih dari 200% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dan di tahun 2013, investasi tersebut tetap tinggi hingga mencapai US$602,65 juta dengan jumlah proyek yang semakin bertambah. Hal tersebut, sambungnya, menandakan adanya kemungkinan bahwa semakin banyak hotel budget yang menyebar ke berbagai daerah lainnya, tidak hanya di kota-kota besar.

“Saya sudah beberapa kali ikut forum investasi, dan rata-rata mereka tertarik untuk ekspansi dan berinvestasi di Indonesia. Pemilu yang terjadi pada tahun ini pun tampaknya tidak terlalu mempengaruhi investor yang sudah merencanakan jauh-jauh hari. Harapan saya, akan bertumbuh minimal 10% hingga 20%,” ucapnya di sela acara Indonesian Tourism Outlook and Chalange 2014, Kamis (6/2/2014).

Sektor yang menurutnya diminati akan merata, baik di hotel, restoran, maupun jasa hiburan. Namun, sambungnya, bila dilihat berdasarkan investasi, tentu saja hotel menelan investasi lebih besar dari lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper