Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Asing Diajak Bawa Waralaba Lokal ke Kancah Internasional

Asosiasi Franchise Indonesia mengajak investor asing bekerja sama dengan pengusaha lokal untuk membawa dan mengembangkan bisnis waralaba nasional hingga ke mancanegara melalui program Indonesia global franchising.
Waralaba/Bisnis.com
Waralaba/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Franchise Indonesia mengajak investor asing bekerja sama dengan pengusaha lokal untuk membawa dan mengembangkan bisnis waralaba nasional hingga ke mancanegara melalui program Indonesia global franchising.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar mengatakan kerja sama dengan investor tersebut dapat dilakukan dengan pewaralaba yang sudah jadi atau pelaku usaha yang potensial untuk diwaralabakan.

“Kami ingin waralaba Indonesia tampil di kancah internasional. Kadang untuk berkembang sendiri agak sulit karena itu kami mengajak investor asing untuk membawa waralaba Indonesia ke negaranya sehingga kita tidak hanya dijadikan sebagai pasar tok,” ucapnya dihubungi Bisnis, Senin (13/1/2014).

Bentuk kerja sama tersebut menurutnya bisa dalam bentuk joint venture untuk bisnis yang sudah menjadi waralaba, maupun sebagai pemegang saham atau franchisor untuk bisnis-bisnis yang potensial menjadi waralaba.

Sebab, untuk mentransformasi bisnis menjadi waralaba tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi mulai dari laporan keuangan yang menguntungkan, bisnis yang sudah terbukti mapan selama 5 tahun berjalan, hingga adanya keunikan yang membedakannya dari bisnis serupa.

Tidak hanya di bidang kuliner, sektor waralaba lain yang memiliki kekuatan untuk bersaing di luar negeri ialah bisnis spa serta fesyen terutama yang dikerjakan secara hand made. Hal tersebut menurutnya menjadi satu nilai lebih yang membedakannya dari negara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper