Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Pastikan Halim Mulai Operasi 10 Januari

Menteri Perhubungan E. E. Mangindaan memastikan pengoperasian Bandara Halim Perdanakusuma akan dimulai pada tanggal 10 Januari 2014
Bandara Halim/Bisnis
Bandara Halim/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Menteri Perhubungan E. E. Mangindaan memastikan pengoperasian Bandara Halim Perdanakusuma akan dimulai pada tanggal 10 Januari 2014.

Hal ini disampaikannya setelah melakukan peninjauan langsung ke lokasi bandara. Menurutnya, persiapan Halim secara keseluruhan tidak ada masalah.

"Sudah banyak kemajuan persiapan pengalihan penerbangan dari Soekarno-Hatta ke Halim," katanya Rabu (8/1/2014).

Lebih lanjut dia mengatakan, maskapai Citilink telah siap melakukan pengalihan pada pengoperasian hari pertama pada lusa mendatang dengan 16 penerbangan. Untuk selanjutnya, Garuda Indonesia dan Indonesia AirAsia akan menyusul pada Februari dan Maret mendatang.

Dari sisi fasilitas bandar udara, saat ini Halim telah menyediakan parking stand untuk pesawat sejenis B 737-800 NG / B 737-900 ER sebanyak tiga parking stand dari 13 parking stand yang ada.

Mengingat peruntukan Halim saat ini tidak hanya bagi penerbangan komersil namun masih melayani penerbangan militer dan VIP maka kapasitas runway secara keseluruhan adalah 12 pergerakan setiap jamnya dengan slot time yang tersedia saat ini sebanyak 126 slot untuk waktu pengoperasian 24 jam.

Sedangkan untuk fasilitas sisi darat, saat ini telah tersedia terminal penumpang yang mampu menampung sekaligus tiga keberangkatan penumpang dan tiga kedatangan penumpang dalam waktu satu jam. Untuk fasilitas lahan parkir, AP II Cabang Halim telah menyediakan lahan parkir berkapasitas kurang lebih 700 kendaraan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper