Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Infrastruktur Ini Beroperasi di 2014

Usai membuka perdagangan 2014 di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Wakil Presiden RI Boediono menyebutkan sejumlah proyek infrastruktur besar akan selesai dan mulai beroperasi pada 2014.

Bisnis.com, JAKARTA—Seusai membuka perdagangan 2014 di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Wakil Presiden RI Boediono menyebutkan sejumlah proyek infrastruktur besar akan selesai dan mulai beroperasi pada 2014.

Di sektor pelabuhan udara, Boediono menyebutkan di antaranya bandara Ngurah Rai (Bali) dan Sepinggan (Balikpapan) akan mulai beroperasi.

“Banyak airport di daerah akan beroperasi. Perkembangan transportasi udara naiknya luar biasa, banyak yang komplain Soekarno-Hatta sudah terlalu penuh dan sebagainya,” ujarnya, Kamis (2/1/2014).

Di sektor jalan, tahun ini akan mulai beroperasi sejumlah jalan tol serta jalan arteri yang menyambung dengan bandara. Ini merupakan satu hal yang sangat penting karena bisa menurunkan biaya logistik yang luar biasa.

“Jalur ganda kereta api Jakarta-Surabaya pada 2014 akan beroperasi. Ini bisa menurunkan biaya logistik, mengurangi beban di jalan raya, dan mengurangi kecelakaan,” ujarnya.

Di sektor pelabuhan laut, terminal Kalibaru tahap pertama yang akan beroperasi 2014 juga akan mengurangi beban yang sangat besar di Tanjung Priok. Selain itu, Teluk Lamong di Surabaya juga akan beroperasi.

“Beberapa pembangkit listrik juga akan beroperasi 2014, seperti Pelabuhan Ratu, Nagan Raya, Teluk Sirih, Pangkalan Susu, Tanjung Awar-awar,” ujarnya.

Boediono menegaskan ini semua adalah hal yang seharusnya mendukung kegiatan ekonomi. Seperti sudah diketahui bersama bahwa kendala di infrastruktur bisa menghambat pertumbuhan ekonomi.

Insyaallah dengan sektor riil bergerak dan sektor keuangan yang stabil, bursa efek bisa lebih baik lagi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper